Pemberian Pemahaman Fungsi Pohon bagi Ekosistem untuk Peserta TBM Kolong Jalan Layang Ciputat
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v1i1.9134Keywords:
diorama, ekosistem, merawat pohonAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Melihat lokasi kampus yang tidak jauh dengan lokasi Taman Bacaan Masyarakat, Kolong Jembatan Ciputat, maka sudah menjadi kewajiban bagi perguruan tinggi untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Sudah selayaknya kehadiran perguruan tinggi agar dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh. Prinsip pemberdayaan masyarakat yang paling baik adalah kelompok yang memang lahir dari kebutuhan dan kesadaran masyarakat sendiri dikelola dan dikembangkan dengan menggunakan terutama sumber daya yang ada di masyarakat tersebut, dan memiliki tujuan yang sama. Terkait menanamkan kepedulian anak-anak tentang pentingnya menjaga pohon dan ekosistem demi keberlangsungan hidup manusia, sebuat media pembelajaran yang menarik dan dapat memotivasi mereka sangat diperlukan. Media pembelajaran yang akan digunakan adalah diorama dan pembacaan cerita. Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Kepada Masyarakat diharapkan mampu mengambil pelajaran moral yang harus diketahui anak-anak tentang pentingnya memelihara pohon di dalam ekosistem demi keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang dan memberikan motivasi bagi generasi muda baik di lingkungan keluarga, sekolah dan kampus.
References
Champbell, & Neil, A. (2010). Biologi. Jakarta: Erlangga.
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Haryanto. (2012). SAINS Jilid 4 untuk Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Kustandi, C. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: GhaliaIndonesia.
Lestari, T. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Diakses dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Mudyharto, R. (2012). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Odum, E.P. (1993). Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rihani, A. (1991). Media Intruksional Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N., & Rifa’I, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Guru Algesindo.
Tarigan, H. G. (1986). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.