Analisis Dana Zakat dan Pendapatan Non Halal terhadap Corporate Social Responsibility Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2017-2021
DOI:
https://doi.org/10.32493/amq.v1i1.31693Keywords:
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Dana Zakat, Pendapatan Non HalalAbstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kewajiban tanggung jawab sosial perusahaan dan merupakan konsep atau tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan sekitar dengan berbagai program yang dilakukan sehingga tercipta citra yang baik bagi perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan analisis dana zakat dan pendapatan nonhalal terhadap tanggung jawab sosial perusahaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2017-2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2017-2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 5 perusahaan dengan periode penelitian 5 tahun pengamatan, sehingga diperoleh 25 sampel penelitian. Pengolahan data menggunakan Program Statistik Eviews 10. Uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis, sehingga hasil pengujian penelitian membuktikan bahwa pengujian parsial yaitu variabel dana zakat secara parsial berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan Bank Umum Syariah dan variabel pendapatan non halal secara parsial berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan Bank Umum Syariah. Secara simultan dana zakat dan pendapatan non halal secara simultan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan Bank Umum Syariah tahun 2017-2021.
References
Aninda, H. H. (2022). Pemanfaatan Pendapatan Non Halal Sebagai Sumber Pendanaan CSR Pada Perbankan Syariah di Indonesia. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam. 3(3). 37-52.
Anriani, G., Siregar, F. A. & Siregar, R. M. A. (2020). Pengaruh Zakat Perbankan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bank Umum Syariah. JISFIM: Journal of Islamic Social Finance Management. 1(2). 192-212.
Amelia, A. (2021). Pemanfaatan Dana Corporate Social Responsibility Pada Bank Syariah. Al-bank: Journal Islamic Banking and Finance. 1(1).1-12.
Arradini, N., Fauziah, N. E.., & Senjiati, I. (2017). Pengaruh Tingkat Dana Zakat Terhadap Kinerja Sorporate Social Responsibility (CSR) (Studi kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia berdasarkan ISR Indeks). Prosiding keuangan dan perbankan syariah. 3(1). 22-26.
Elvitasari, D., & Dalimunthe, I. P. (2019). Pengaruh Dana Pihak Ketiga Terhadap Laba Operasi Dengan Fasilitas Bank. Jurnal Renaissance. 4(1). 514-522.
Fahmi, A. S. R., & Jalaludin, A. (2019). Penggunaan Dana Non-Halal Sebagai Sumber Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Tinjauan Hukum Islam (Studi Kasus di Kantor Bank Syariah Mandiri Ponorogo). Journal al-muamalat. 2(1). 85-101.
Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariate dan Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aaplikasi dengan Menggunakan EVIEWS 10. Diponegoro: Universitas Diponegoro.
Hartanto, R., Pramono, I. P., & Purnamasari, P. (2019). Analisis Pendapatan Non Halal Perbankan Syariah Di Indonesia: Sumber dan Penggunaannya. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah. 4(2). 159-171.
Irawati & Malia, E. (2022). Implementasi Pengelolaan Dana Zakat Sebagai Corporate Social Responsibility di Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Bprs Bhakti Sumekar Sumenep). Jurnal PETA. 7(2). 162-178.
Lenap, I. P., Karim, N. K., & Susanti, E. E. (2021). Pendapatan Non-Halal, Zakat, Dewan Pengawas Syariah Dan Reputasi Menggunakan CSR Perbankan Syariah Di Indonesia. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah). 5(1). 31-43.
Mais, R. G., & Alawiyah, T. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2018. Jurnal STEI Ekonomi. 29(2). 57-77.
Muclish, M., & Kartini. (2021). Paradoks Transaksi Non-Halal Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen. 4(1). 39-53.
Muclish, S., & Utomo, H. S. (2018). Kajian Pendapatan Non Halal Dan Dampak Penggunaannya Terhadap Reputasi dan Kepercayaan Nasabah Perbankan Syariah (Study Empiris Pada Bank Muamalat). JRAK. 9(1). 75-101.
Ningrum, J. W., Khairunnisa, A. F., & Huda, N. (2020). Pengaruh Kemiskinan, Tingkat Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia Tahun 2014-2018 dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 212-222.
Nurhayati, P., & Rustiningrum, D. S. (2021). Implikasi Zakat dan Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 7(3). 1416-1424.
Nurhidayah, W., & Amaliyah. (2021). Pengaruh Kecukupan Modal, Pembiayaan Bermasalah, Bagi Hasil Dan Tingkat Inflasi Terhadap Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syariah. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business. 4(3). 550-558
Nurnasrina., & Putra, P. A. (2021). Implementasi Pengelolaan Dana Zakat Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. 18(1). 1-9.
Quatro, C. (2021). Pengaruh volume pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan murabahah terhadap kinerja keuangan bank umum syariah periode 2015-2020. Al-Intaj, Jurnal ekonomi dan perbankan syariah. 7(1). 33-46.
Sari, A. K. (2020). Pengaruh sharia compliance, islamic corporate governance, car, dan zakat terhadap kinerja keuangan bank umum syariah. Jurnal Neraca. 16(2). 29-50.
Septian, Y., Eliza. A., & Bahtiar, M. Y. (2022). Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam. 10(1). 5-30.
Setiawan, E., Yuliansyah., & Gamayuni, R. R. (2022). Pengaruh Dana Zakat Dan Islamic Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syari’ah (Pada Bank Devisa Syariah Berdasarkan ISR Index). ULTIMA Accounting. 14(1). 176-194.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: ALFABETA, CV.
Suhikmat., & Handayani, D. N. (2020). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Kredit Macet dan Investasi Terhadap Laba Bersih PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Jurnal Akuntansi FE-UB. 14(2). 34-54.
Sutra, F. M., & Mais, R. G. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Financial Distress denga Pendekatan Altman Z-Score pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(1), 35-72.
Syafina, L., & Nurwani. (2021). Analisis Dana Zakat, Penerimaan Non Halal, dan Corporate Social Responsibility Pada Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal ekonomi syariah indonesia.11(2). 101-107.
Syurmita & Fircarina, M. J. (2020). Pengaruh Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Governance Bisnis Syariah terhadap Reputasi dan Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial. 1(2). 87-97.
Turmudi, M. (2018). Pemanfaatan Dana Corporate Social Responsibility Bank Syariah Mandiri Cabang Kendari. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian. 13(1). 103-116.
Utami, D. R., & Utami, T., (2021). Pengaruh pembiayaan bagi hasil dan tingkat kesehatan bank terhadap kinerja keuangan dengan pembiayaan bermasalah sebagai variabel pemoderasi. Nominal: Barometer riset akuntansi dan manajemen. 10(2). 188-200.
Wardiwiyono, S., & Jayanti, A. F. (2021). Peran Islamic Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Zakat Terhadap Kinerja Bank Umum Syariah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam. 9(1). 73-89.
Wisudaningsih, B. A., Arofa, I., & Belang, K. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Jurnal Statistik dan Matematika, 1(1), 103-117.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gina Listiyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.