Efektifitas Penggunaan Metode Iqro pada Pembelajaran Al-Quran di TPQ Masjid Arrahman Villa Pamulang

Authors

  • Fathuddin Ali Universitas Pamulang
  • Kamil Falahi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/amq.v1i1.31697

Keywords:

Efektivitas, Metode Iqro, Baca Tulis Al-Qur'an

Abstract

Salah satu aspek pendidikan yang selama ini kurang mendapat perhatian adalah pendidikan membaca Al-Qur'an. Pada umumnya orang tua lebih menitikberatkan pada pendidikan umum dan kurang memperhatikan pendidikan agama, termasuk pendidikan membaca Al-Qur'an. Sebagai langkah awal adalah meletakkan dasar-dasar agama yang kuat pada anak sebagai bekal dalam mengarungi hidup dan kehidupannya.
Penelitian ini membahas tentang: (1) Bagaimana efektivitas metode Iqro' dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di TPQ Masjid Arrahman Villa Pamulang?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat efektivitas metode Iqro' dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di TPQ Masjid Arrahman Villa Pamulang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas metode Iqro' dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur'an, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode Iqro' dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di TPQ Masjid Arrahman Villa Pamulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data dari pimpinan Masjid TPQ Arrahman Villa Pamulang, data dokumen. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran Iqro yang dilaksanakan di Masjid TPQ Arrahman Villa Pamulang sudah efektif, ditunjukkan dengan tercapainya indikator sebagai berikut: a. Guru menguasai materi dan menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, b. Peserta didik mengikuti dan memahami pembelajaran dengan baik, c. Nilai peserta didik baik dan prestasi belajarnya memuaskan, (2) Faktor pendukung dalam metode Iqro yaitu: a. peserta didik yang akan mengikuti pelajaran membaca dan menulis huruf Al-Qur'an. Dengan kehadiran peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar akan berjalan dengan baik, b. Guru sebagai pengguna penerapan metode tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik, c. Alokasi waktu yang digunakan dalam kegiatan ini ditetapkan dengan jadwal sehingga dalam pemanfaatan waktu yang sangat singkat ini akan dilaksanakan seefektif mungkin. Selain faktor pendukung, terdapat pula faktor yang menghambat jalannya metode pembelajaran Iqro, yaitu: a. Kondisi peserta didik dan berbagai latar belakangnya mempengaruhi proses belajar mengajar, b. Guru dituntut untuk meningkatkan kualitas kemampuannya, yaitu menguasai ilmu pengetahuan, terampil dalam mengajar.

References

Abdul Rahman Shaleh, 2019. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana.

Abdul Rahman Shaleh. dkk, Psikologi Suatu Pengatar, Jakarta: Kencana, 2004.

Ahmad Susanto, 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ahmad Warson Munawwir, 2012 Kamus Al-Munawwir Arab- Indonesia cet. Kedua Puluh Lima, Surabaya: Pustaka Proggresif,.

Ahmad, Tafsir, 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Cet.10; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,

Amrullah Fahmi,2018. Ilmu Al-Qur’an untuk Pemula, Jakarta: Artha Rivera, 2008.

Anna Yulia, 2018. Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak, Jakarta: Media Komputindo.

Budiyanto. 2019. Prinsip-Prinsip Metodologi Buku Iqra’ Balai Penelitian Dan Pengembagan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an LPTQ Nasional. Yogyakarta. Team Tadarrus.

Downloads

Published

2023-07-07