Analisis Optimalisasi Peran Perbankan Syariah Dalam Kemajuan Perekonomian Indonesia Dengan Mendukung Industri Wisata Halal

Authors

  • Mohammad Ashif Syaifullah UIN Sunan Ampel Surabaya Universitas
  • Mazro’atus Sa’adah

DOI:

https://doi.org/10.32493/amq.v2i2.44704

Keywords:

Wisata Halal, Perbankan Syariah, Pengembangan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran perbankan syariah dalam mendukung pengembangan pariwisata halal di Indonesia yang mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan latar belakang meningkatnya minat terhadap pariwisata berbasis syariah, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dapat diadopsi oleh perbankan syariah untuk berkontribusi dalam industri pariwisata halal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan analisis meta-sintesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbankan syariah memiliki potensi besar untuk berkolaborasi dengan pelaku industri pariwisata yang sesuai dengan prinsip syariah, serta mengedukasi masyarakat mengenai layanan dan manajemen berbasis syariah. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh perbankan syariah dan pentingnya sinergi di antara berbagai pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan pengembangan pariwisata halal.

References

Adinugroho, M., Efendi, M. N., Nasrulloh, N., & Zuhdi, U. (2024). Optimizing The Role Of Sharia Banking In Supporting Halal Tourism In Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 96. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12251

Charisma, D. (2022). POTRET KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI HALAL DI INDONESIA. AdBispreneur, 6(3), 259. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i3.34962

Djakfar, I., Isnaliana, I., & Putri, Y. K. (2021). PERAN BANK SYARIAH MANDIRI DALAM MENGEMBANGKAN WISATA HALAL. El Dinar, 9(1), 77–93. https://doi.org/10.18860/ed.v9i1.11193

Endah Mudiyatul Kustinah & Fauzatul Laily Nisa. (2024). Peran Bank Syariah dalam Mendukung Pertumbuhan Sektor Halal di Indonesia. JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI, 1(3), 357–366. https://doi.org/10.61722/jrme.v1i3.1679

Hadi Santoso & Adi Hidayat Argubi. (2020). PENGEMBANGAN WISATA BERBASIS SYARIAH (HALAL TOURISM). Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 17(2), 14–34. https://doi.org/10.59050/jian.v17i2.116

Hidaya, N. (2023). Contribution Of Islamic Banks In Acceleration Of Halal Industry. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 5(4). https://doi.org/10.24256/kharaj.v5i4.4378

Hidayat, M. & Asky Humeriatunnisa. (2023). Optimalisasi Peran Digital Banking Bank Syariah Indonesia Terhadap Perkembangan Industri Halal. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 5(2), 243–264. https://doi.org/10.24090/mabsya.v5i2.9984

Husain, S. A. (2021). Optimalisasi Peran Bank Syariah dalam Mengembangkan Industri Halal di Indonesia Melalui Sinergi Kelembagaan. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 172–186. https://doi.org/10.30736/jesa.v6i2.149

Ismanto, K., Fachrurazi, F., & Mas’ad, M. A. (2022). The Role of Islamic Banks in Development of Halal Tourism: Evidence from Central Java Indonesia. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 4(1), 35–50. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2022.4.1.12493

Istiqomawati, R. (2023). Developing Halal Tourism Sebagai Nilai Tambah Destinasi Wisata. Aktiva : Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.56393/aktiva.v3i4.1799

Jaelani, A. (2017). Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2899864

Kasmaniar, K., Mukhdasir, Nurfiani Syamsuddin, Fahmi Arfan, & Saiful Amri. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Kota Sabang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(4), 1511–1515. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1373

Sari, L. P. (2020). PENINGKATAKAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI MAKANAN HALAL DI INDONESIA. 2.

Setiawan, A. E., & Noviarita, H. (2022). OPTIMALISASI PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI PRODUK HALAL: STUDI PADA INDUSTRI FASHION BUSANA MUSLIM DI PROVINSI LAMPUNG. 8.

Setiyariski, R., Dewi, K., & Fauzzia, W. (2023). Konsep “Sharia Tourism” melalui Strategi Digital Marketing dan Konten Kreatif yang Berkelanjutan. Jurnal Kajian Pariwisata, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.51977/jiip.v5i2.1401

Zulfikri, Z., & Umari, Z. F. (2024). KONTRIBUSI BANK WAKAF MIKRO TERHADAP UMKM DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI HALAL. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 10(1), 185–200. https://doi.org/10.36908/esha.v10i1.1240

Downloads

Published

2024-12-31