Dampak Resto Atmosphere, Physical Evidence, dan Digital Promotion terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Kampung Kecil Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i3.48732Keywords:
Digital Promotion; Kepuasan Konsumen; Physical Evidence; Resto AtmosphereAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh restaurant atmosphere, physical evidence, dan digital promotion terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Kampung Kecil Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner kepada 96 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), regresi linier berganda, serta koefisien korelasi dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel restaurant atmosphere dan physical evidence secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan digital promotion tidak berpengaruh signifikan. Namun secara simultan, ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan kontribusi sebesar 63,7%. Temuan ini memberikan implikasi manajerial bahwa pihak Restoran Kampung Kecil perlu terus memperkuat suasana dan bukti fisik restoran seperti desain interior dan fasilitas pelanggan untuk meningkatkan kepuasan, sementara strategi digital perlu ditinjau ulang agar lebih tepat sasaran. Secara teoritis, penelitian ini memperkaya literatur pemasaran jasa khususnya pada sektor kuliner tradisional yang mengedepankan pengalaman pelanggan sebagai sumber keunggulan bersaing.
References
Ansyah, U. S. (2024). Mencari F Tabel dan Cara Menghitungnya. Scribd.
Astuti, et al. (2020). Pengaruh Digital Marketing terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 45-57.
Fadhli, et al. (2021). Analisis Efektivitas Digital Marketing dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(2), 89-102.
Haris, A. (2023). Analisis Pengaruh Promosi Digital terhadap Keputusan Pembelian Makanan di Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Pelayanan Nasional, 5(1), 2261-2274.
Ismawati, N., & Fatimah, M. (2021). Pengaruh Physical Evidence terhadap Kepuasan Konsumen dalam Jasa Wedding Organizer di Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 5(1), 51-63.
Kusumaningtyas, A. W. (2024). Tren Bisnis Kuliner di Indonesia 2024. BINUS Business Review.
Meirista, et al. (2023). Dampak Physical Evidence terhadap Kepuasan Pelanggan di Café Stasiun Kopi Purwakarta. Jurnal Hospitality & Tourism, 15(3), 223-235.
Nastiti, A. E., et al. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Store Atmosphere, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Bisnis & Pemasaran, 2(2), 573-583.
Pasaribu, H. A. S. (2023). Kampung Kecil, Restoran dengan Konsep Perkampungan. Media Pijar.
Priyanto, M., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian di Toko Mingka Bandung. Jurnal Value, 2(1), 57-66.
Putri, C. A., & Arifin, U. (2023). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Warung Podo Tresno. Seminar Nasional Peningkatan Mutu, 4(5), 5-8.
Raden. (2023). Kampung Kecil Kemang Manis Palembang Tak Miliki Izin. Radar Sriwijaya.
Rohman, M. A. (2024). Pengertian r Tabel Beserta Penggunaannya untuk Uji Validitas. SekolahStata.com.
Suhartono, A. C. P., & S. (2023). Kemampuan Kualitas Audit Memoderasi Pengaruh Fraud Hexagon terhadap Fraudulent Financial. Jurnal Bina Akuntansi, 10(1), 104-116.
Wardhana, F. A., & Sitohang, F. M. (2021). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warkop Benpadang Sidoarjo. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(3), 1-19.
Ye$ni, Lu$kita Tripe$rmata, H. R. (2022). Analisis Pe$ngaru$h Promosi Dan Physical E$vide$nce$ Te$rhadap Minat Pe$ngu$nju$ng Pada Hote$l Grand Zu$ri Pale$mbang. 7, 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andhini Andhini, Siti Komariah Hildayanti, Try Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.