PERANCANGAN APLIKASI LIMS PADA PT ORGANO DENGAN METODE PROTOTYPING

Authors

  • Roy Mubarak Universitas Pamulang

Abstract

Perancangan Aplikasi LIMS Pada PT Organo Dengan Metode Prototyping. Teknologi informasi adalah salah satu contoh produk teknologi yang berkembang pesat yang dapat membantu manusia dalam mengolah data serta menyajikan sebuah informasi yang berkualitas. PT Organo, saat ini sudah memiliki sistem manajemen laboratorium yang dilakukan dengan cara manual menggunakan kertas kerja, mulai dari Quotation, COC, sampai dengan Analisa Laporan. Hal ini ternyata banyak menimbulkan masalah diantaranya adalah lambatnya proses kerja bagian quotation, penerimaan sample pengujian, sampai dengan pengujian dan keluar hasil pengujian. Seiring dengan hal tersebut diatas, maka untuk menunjang kebutuhan bisnisnya, PT Organo membutuhkan aplikasi LIMS. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan dilakukan dengan melakukan observasi secara langsung terhadap sistem yang berjalan sekaligus melakukan wawancara dengan pengguna terkait yang bertugas menangani sistem manajemen Laboratory. Studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan bahan pustaka terkait sistem manajemen Laboratory. Hasil penelitian berupa aplikasi Sistem Informasi Manajemen Laboratory yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP 7.4 dengan framework CodeIgniter 3.1.10 dan sistem basis data MySQL.Setelah proses implementasi berjalan, PT Organo dapat merasakan manfaat secara langsung, yaitu proses pengelolaan manajemen laboratoriumnya dapat berlangsung lebih cepat dan hal ini berdampak pada kinerja PT Organo yang semakin baik.

Kata Kunci LIMS, Laboratory, COC, Analysis Report

Author Biography

Roy Mubarak, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Downloads

Published

2021-09-12

How to Cite

Mubarak, R. (2021). PERANCANGAN APLIKASI LIMS PADA PT ORGANO DENGAN METODE PROTOTYPING. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 15(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/13060

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.