PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN METODE SERVICE ORIENTED ARCHITECTUR (SOA) STUDI KASUS SMK CYBERMEDIA

Authors

  • Istiqomah Rohmawati Universitas Sutomo

Abstract

ABSTRAK

 PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN METODE SERVICE ORIENTED ARCHITECTUR (SOA) : STUDI KASUS SMK CYBERMEDIA. Tuntutan   akan   peningkatan   pelayanan   pendidikan   menuntut   lembaga   pendidikan   untuk berinovasi dalam melakukan metode kegiatan belajar mengajar, karena kegiatan belajar mengajar yang selama ini dominan dengan “tatap muka†atau bertemu langsung mulai menimbulkan kendala. Kegiatan belajar mengajar dalam lembaga pendidikan merupakan faktor penting, karena dengan kegiatan belajar mengajar yang baik akan mempengaruhi prestasi peserta didik. Permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan belajar mengajar “tatapmuka†yaitu : durasi waktupelajaran yang terbatas, jarak tempuh antara tempat tinggal dan tempat belajar (sekolah), macetnya lalulintas daerah perkotaan. Dari permasalahan di atas maka penelitian ini memfokuskan untuk mengembangkan sistem elearning untuk memecahkan permasalahan – permasalahan tersebut. Peneliti melakukan tinjauan pustaka yang berhubungan dengan e-learning untuk mempelajari e-learning secara umum, wawancara, melakukan observasi, dan lain – lain untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Data – data tersebut akan dianalisa, dibuat model, dikembangkan menjadi prototype dan diuji dengan metode User Acceptance Test (UAT). Dalam penelitian ini peneliti memilih SMK Cyber media sebagai objek penelitian

 Kata kunci: pengembangan e-learning, service oriented architectur

 

ABSTRACT

 The demand for the improvement of educational services requires educational institutions to in- novate in teaching and learning methods, because teaching activities that have been dominant with "face to face" or meet directly began to cause obstacles.Teaching and learning activities in educational institu- tions is an important factor, because with good teaching and learning activities will affect student achievement. The problems that often occur in teaching and learning activities "tatapmuka" that is: the duration of limited time, the distance between the residence and place of learning (school), traffic jams urban areas. From the above problem, this research focuses to develop the elearning system to solve the problems - the problem. Researchers conducted a literature review related to e-learning to learn e- learning in general, interviews, observation, and others to obtain the required data. The data will be ana- lyzed, modeled, developed into prototype and tested by User Acceptance Test (UAT) method. In this study researchers chose SMK Cyber media as the object of research.

Keywords: e-learning development, service-oriented architect

Author Biography

Istiqomah Rohmawati, Universitas Sutomo

Sistem Informasi

Downloads

Published

2021-10-16

How to Cite

Rohmawati, I. (2021). PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN METODE SERVICE ORIENTED ARCHITECTUR (SOA) STUDI KASUS SMK CYBERMEDIA. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 16(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/13741

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.