E-LEARNING: PARADIGMA BARU DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
Abstract
ABSTRAK
Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Paradigma ini, menunjukkan bahwa pembelajaran tidak lagi merujuk pada pertemuan tatap muka. Tetapi akan lebih efektif melalui internet. Kehadiran teknologi Internet, yang memudahkan orang untuk melakukan interaksi tanpa terikat oleh ruang dan waktu, mendorong sektor pendidikan memasuki sebuah era baru memanfaatkan e-learning. Melalui e-Learning, proses pembelajaran dapat berlangsung di mana pun juga dan kapanpun yang dikehendaki. Pengembangkan e-learning dalam pembelajaran PAI dapat memfasilitasi proses belajar-mengajar. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah bahwa perubahan konsep pembelajaran dari konvensional menjadi e-learning harus dikaitkan dengan strategi pengembangan akademik dan dengan (mengubah) kebiasaan dan keyakinan para guru atau dosen dalam menerapkan elearning. Kata Kunci: E-learning, Pengajaran, PAI