PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING BAGI SISWA (STUDI KASUS: SDN SITU GEDE 05 BOGOR)

Authors

  • Novida Aslina Dewi Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

 PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING BAGI SISWA (STUDI KASUS: SDN SITU GEDE 05 BOGOR). Aplikasi E-learning untuk sekolah dasar merupakan kebutuhan saat melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa sekolah dasar khususnya sekolah SDN Situ Gede 05. Aplikasi E-learning sebagai Salah satu cara untuk mengatasi penyebaran covid19 dengan cara belajar dari rumah. E-learning sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran jarak jauh dan memiliki beberapa keunggulan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang kerap muncul dalam proses pembelajaran. Aplikasi E-learning berbasis web dengan mengunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Dalam aplikasi e-lerning ini memiliki 3 aktor admin, guru, siswa. Admin bertugas sebagai pengelola aplikasi elearning mengatur jalannya aplikasi agar dapat berjalan dengan baik. guru memberikan materiserta tugas yang dikerjakan oleh siswa, sementara siswa akan mengerjakan tugas yang diunggah oleh guru dan mengunduh materi yang telah diunggah oleh guru Aplikasi e-learning sebagai penunjang kegiatan belajar saat pembelajaran jarak jauh.Metode Pengembangan yang digunakan dalam perancangan adalahExreme Programming. Tahapan yang harus dikerjakan dalam metodeExtreme Programming yaitu planning,permodelan sistem dan arsitekturmenggunakan Unified Modelling Language(UML) yang mencakup Use case, Class, Activity diagram danSequence Diagram, pembuatan rancangan basis data menggunakan Entity Relationship Diagram dan pengujian (testing). Hasil yang dicapai adalah ketersediaan aplikasi pendukung kegiatan belajar mengajar yang dapat diakses secara online. Aplikasi e-Learning berbasis web ini membantu guru dan siswa untuk memberikan materi pelajaran, pengumpulan tugas dan memberikan informasi nilai.

 

Kata Kunci :Elearning, PJJ, PHP, MYSQL, Extreme Programming

 

ABSTRACT

 E-learning applications for elementary schools are a necessity when conducting distance learning (PJJ) for elementary school students, especially SDN Situ Gede 05. E-learning applications as one way to overcome the spread of covid19 by learning from home. E-learning is a tool in the distance learning process and has several advantages so that it can solve problems that often arise in the learning process.Web-based e-learning application using the programming languages PHP and MySQL. In this e-lerning application, there are 3 admin actors, teachers, students. The admin is in charge of managing the e-learning application to manage the application so that it can run well. The teacher provides material and assignments done by students, while students will work on assignments uploaded by the teacher and download material that has been uploaded by the teacher.E-learning applications to support learning activities during distance learning.The development method used in the design is Exreme Programming. The stages that must be done in the Extreme Programming method are planning, system modeling and architecture using the Unified Modeling Language (UML) which includes Use cases, Classes, Activity diagrams and Sequence Diagrams, making database designs using Entity Relationship Diagrams and testing. The result achieved is the availability of supporting applications for teaching and learning activities that can be accessed online. This web-based e-Learning application helps teachers and students to provide subject matter, collect assignments and provide value information.

Keywords: Elearning, PJJ, PHP, MYSQL, Extreme Programming

 


Author Biography

Novida Aslina Dewi, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Downloads

Published

2021-10-28

How to Cite

Dewi, N. A. (2021). PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING BAGI SISWA (STUDI KASUS: SDN SITU GEDE 05 BOGOR). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 16(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14161

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.