PERBANDINGAN LOGIKA FUZZY DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS UNTUK MENILAI KINERJA DOSEN
Abstract
ABSTRAK
Ubhara Jaya (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya) memiliki 325 dosen yang bekerja pada 6 fakultas dengan 14 program studi. Mengukur kinerja sebanyak 325 dosen memerlukan metode yang tepat agar penilaian yang dilakukan dapat akurat, efektif, dan objektif. Selama ini, penilaian kinerja dosen dilakukan dilakukan dengan EDOM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa) dengan mengisi kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa setiap akhir perkuliahan dalam setiap semester. Kemudian Lembaga Penjamin Mutu mengolahnya sehingga didapat hasil dalam prosentase. Penilaian lain melalui indikator terlaksananya tri dharma yang dilakukan dosen tetapi belum dilakukan menggunakan metode akademik. Metode yang pernah digunakan adalah dengan menggunakan logika fuzzy dan AHP (Analytical Hierarchy Process) secara terpisah untuk menilai kinerja dosen. Belum pernah ada penelitian yang membandingkan metode tersebut untuk menilai kinerja dosen. Atas dasar itulah pentingnya penelitian ini dilakukan untuk membandingkan tingkat akurasi dalam menilai kinerja dosen. Metode penelitian dilakukan dengan tahapan (i) Studi pendahuluan dengan melakukan pengumpulan data, peneliti melakukan penyelidikan langsung terhadap kriteria dan sub kriteria. Mengetahui data dosen dan apa saja indikator dalam penilaian kinerja dosen. (ii) Metode usulan, metode Fuzzy Logic dan Analytical Hierarchy Process digunakan untuk mengukur kinerja dosen. Dilakukan perhitungan kemudian dilakukan pembandingan terhadap ke dua metode tersebut. (iii) Pembuatan Sistem dan pengujian, bahasa pemograman PHP digunakan untuk membuat aplikasi dan metode black-box untuk menguji aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukan metode logika fuzzy memberikan hasil lebih akurat dibandingkan metode AHP.
Kata Kunci : Logika Fuzzy, AHP, Kinerja Dosen, Perbandingan Metode