MANAJEMEN PESANTREN BERBASIS TIK (Studi pembelajaran al-Qur’an Hadis dalam Model Pemrosesan Informasi Teknologi di Pesantren Al-Falah, Sulawesi Selatan)

Authors

  • Jazuli Mukhtar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di M.Ts. Peasantren Al-Falah dengan subjek penelitian siswa kelas VII dengan jumlah 22 siswa, 1 guru dan kepala sekolah. Sumber data yang diperoleh dari siswa tersebut meliputi, tes formatif siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan pada akhir siklus. Hasil lembar observasi untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pemrosesan Informasi Teknologi. Hasil observasi dan catatan lapangan yang berkaitan dengan aktivitas siswa pada pembelajaran al-Qur’an berlangsung. Hasil penelitian dan analisis menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan mutu pembelajaran dalam penelitian. 1). Penerapan model pemrosesan informasi teknologi model cocok untuk membangkitkan nilai siswa dan minat belajar siswa dengan konsep pemrosesan informasi mempunyai misi membantu siswa untuk konsentrasi pada suatu ranah yang dapat mereka kuasai. Pengawasan/kontrol, membantu siswa mengembangkan pemahaman konseptual tentang ranah tertentu. 2. Peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus, yaitu pada tes uji kompetensi nilai rata-rata 69 pada siklus I adalah nilai rata-rata 68,4 dan pada siklus IV nilai rata-rata adalah 76,77. 3.Hambatan dalam implementasi model pemeroses informasi adalah sebagai berikut: 1) siswa diberikan tugas masih ada sebagian kecil yang kurang fokus dan serius dalam menyelesaikan tugas tersebut, 2) Kurangnya pemahaman tentang materi yang telah diajarkan oleh guru disebabkan kurangnya konsentrasi saat guru menjelaskan. 3)Masih banyak siswa yang bingung tentang cara model memproses informasi teknolgi .

Kata Kunci : Pembelajaran, Al-Qur’an, Informasi Teknologi.

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Mukhtar, J. (2021). MANAJEMEN PESANTREN BERBASIS TIK (Studi pembelajaran al-Qur’an Hadis dalam Model Pemrosesan Informasi Teknologi di Pesantren Al-Falah, Sulawesi Selatan). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14835

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.