AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. ACE HARDWARE KARAWACI MENGGUNAKAN STANDAR COBIT 5

Authors

  • Pungkas Budiyono

Abstract

ABSTRAK

Audit Tata Kelola Teknologi Informasi pada system service customer relationship management (S2- CRM) secara periodik untuk menjamin berkelanjutan operasional IT yang digunakan oleh organisasi. Audit Teknologi Informasi pada system service customer relationship management juga digunakan untuk mengukur manfaat kegunaannya dan sampai sejauh mana telah terlaksana dengan baik.S2- CRM digunakan untuk mengelola data pelanggan member ace. Audit Teknologi Informasi pada system service customer relationship management ini menggunakan standar COBIT 5 pada domain deliver, service and support (DSS) terutama pada proses antara lain DSS01 (Mengelola Operasional), DSS02 (Mengelola permintaan layanan dan insiden), DSS03 (Mengelola Masalah), DSS04 (Mengelola Kontinuiti /berkesinambungan), DSS05 (Mengelola pelayanan keamanan), DSS06 (Mengelola pengendalian proses bisnis). Hasil audit menunjukkan tingkat kapabilitas proses level 2 pada domain antara lain DSS02, DSS04 dan DSS05 dan untuk proses level 3 antara lain DSS01, DSS03, dan DSS06. Sedangkan target yang ingin dicapai yaitu level 3 setiap proses telah diatur dan di dokumentasikan dengan baik. Domain yang sudah mencapai level 3, dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke level 4 sedangkan domain yang tidak mencapai level tersebut diberikan rekomendasi perbaikan proses.

Kata Kunci: Audit Tata kelola Teknologi Informasi, S2-CRM, COBIT 5

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Budiyono, P. (2021). AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. ACE HARDWARE KARAWACI MENGGUNAKAN STANDAR COBIT 5. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14838

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.