PERANCANGAN SISTEM BUSINESS INTELLIGENCE MENGGUNAKAN OLAP SEBAGAI PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN FINANSIAL BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS PT. TIRTAMARTA)

Authors

  • Muhammad Anis Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Perancangan Sistem Business Intelligence menggunakan OLAP sebagai pendukung pengambilan keputusan finansial berbasis web dengan metode Waterfall pada studi kasus PT. Tirtamarta telah dilakukan. Metode Waterfall digunakan dalam merancang sistem tersebut dimulai dengan proses analisa kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, integrasi dan tesing dan pengoperasiannya, selain itu untuk mengukur kepuasan user PT. Tirtamarta dalam menggunakan sistem business intelligence digunakan skala Gutman dalam mengukur indeks kepuasan pelanggan dalam hal ini user PT. Tirtamarta. Adapun responden yang mengisi kuisioner adalah pihak Top Management, Mid Management dan Low Management yang ada di divisi finansial PT. Tirtamarta. Penggunaan Metodologi Waterfall dipilih karena dalam melakukan perancangan sistem business intelligence merupakan cara yang cocok agar setiap proses perancangannya selesai dengan sempurna dan tidak mengganggu proses lainnya sehingga penggunaan sistem business intelligence di PT. Tirtamarta bisa berjalan dengan efektif. Dan untuk mengukur kepuasan user terhadap sistem businessintelligence yang dibuat, maka dilakukan pengukuran skala Gutman untuk mengukur kepuasan user terhadap sistem business intelligence yang dibuat di PT. Tirtamarta. Dari hasil yang diperoleh maka didapat 65 % (cukup) responden menilai informasi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, 65 % (cukup)responden menilai sistem dapat memonitoring laporan piutang, 45 % (kurang) responden menilai sistem business intelligence membantu perusahaan mencapai target dan penjualan produk perusahaan, dan 70 % (cukup) responden menilai sistem business intelligence layak untuk dipakai dalam membantu pengambilan keputusan finansial perusahaan. Maka dari hasil yang didapatkan dari pengukuran tersebut untuk mengembangkan rencana strategis perusahaan maka diusulkan agar sistem business intelligence ini dipakai untuk semua divisi yang ada di PT. Tirtamarta agar bisa menjadi solusi dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan secara efektif.

Kata Kunci : Business Intelligence, Data Warehouse, OLAP, Web Portal, Data Mining

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Anis, M. (2021). PERANCANGAN SISTEM BUSINESS INTELLIGENCE MENGGUNAKAN OLAP SEBAGAI PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN FINANSIAL BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS PT. TIRTAMARTA). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14844

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.