PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA NUSANTARA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Abrar Hiswara
  • Andri Fajria Universitas Pamulang
  • Muhammad Ridwan

Abstract

ABSTRAK

Seni Budaya merupakan matapelajaran pokok yang ada di setiap sekolah dari jenjang SD hingga SMA/K termasuk di SMP Negeri 3 Babelan.Namun hingga saat ini matapelajaran Seni Budaya sudah semakin berkurang peminatnya di kalangan para pelajar Indonesia.Kurangnya pembelajaran yang inovatif, serta kurangnya variasi mengajar, termasuk media yang digunakan oleh guru, menjadi penyebab tidak optimalnya proses pembelajaran. Oleh karena itu dibangunlah aplikasi pembelajaran berbasis android yang lebih interaktif dan inovatif untuk siswa sebagai pendamping pembelajaran, agar dapat lebih mudah dalam proses penerimaan materi yang disampaikan oleh guru ke anak didik. Dalam proses pembuatan aplikasi ini software yang digunakan adalah Android Studio yang menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML, serta untuk design tampilan aplikasi menggunakan software Adobe Photoshop CC 2015. Dan untuk metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Model Rapid Application Development(RAD).Untuk pengujian aplikasi yang dilakukan menggunakan Blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah menjadikan proses belajar-mengajar peserta didik lebih interaktif dan inovatif.

 Kata Kunci :Aplikasi Pembelajaran Android, Seni Budaya Nusantara, Android Studio, Photoshop CC, Rapid Application Development (RAD).

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Hiswara, A., Fajria, A., & Ridwan, M. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA NUSANTARA BERBASIS ANDROID. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/15471

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.