JURNAL PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRACER STUDY PADA BALAI LATIHAN KERJA INDUSTRI PROVINSI BANTEN

Authors

  • Ham Idris Tumenggung UNiversitas Pamulang
  • Bodi Santoso
  • Achmad Fikryansyah

Abstract

ABSTRAK

 Studi penelusuran merupakan upaya yang diharapkan dapat memberikan informasi untuk mengevaluasi hasil pendidikan di Balai Latihan Kerja Industri Provinsi Banten. Informasi ini digunakan untuk pengembangan lebih lanjut dalam memastikan kualitas pelatihan. Pada Balai Latihan Kerja Industri Provinsi Banten, pengelolaan data alumni masih belum tersentuh pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal. Penelusuran para lulusan atau alumni dilakukan dengan cara menghubungi langsung para lulusan menanyakan kegiatan atau pekerjaan yang sedang dilakukan dengan menggunakan media telepon. Cara yang dilakukan ini cenderung memakan waktu serta biaya yang tidak sedikit.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka dibangunlah sistem informasi tracer study yang berbasis web dengan framework Codeigniter. Yang nantinya bisa menghemat waktu dan biaya penggunaan media telepon dalam melakukan penelusuran alumni.

Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan membuat sistem informasi tracer study memudahkan dalam penelusuran alumni Balai Latihan Kerja Industri Provinsi Banten karena berbasis website. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mengelola data para lulusan khususnya tracer study bisa menghemat waktu dan biaya penggunaan media telepon.

 Kata kunci: Sistem informasi, Study Penelusuran alumni, Balai Latihan Kerja Industri.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Tumenggung, H. I., Santoso, B., & Fikryansyah, A. (2021). JURNAL PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRACER STUDY PADA BALAI LATIHAN KERJA INDUSTRI PROVINSI BANTEN. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/15472

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.