PENGARUH TI MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan penggunaan media sosial pada peserta didik Kelas IX SMPN 3 Mappedeceng. Perkembangan penggunaan media sosial dikalangan peserta didik digunakan untuk mencari teman terbaru dan sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan teman lainnya yang jaraknya jauh. Namun demikian sangat mempengaruhi pembelajaran di kelas. Hasil belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Mappedeceng. Hasil belajar PAI di kelas IX sangat menurun prestasinya dikarenakan nampak negatif media sosial sehingga berpengaruh terhadap nilai-nilai belajar PAI. Penggunaan media pada peserta didik Kelas IX SMP Negeri 3 Mappedeceng? mempunyai pengaruh yang negatif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan analisis statistik dengan uji t. Dari hasil perhitungan tersebut, diperoleh nilai thitung > ttabel ( 7,942 > 2,042 ) maka H0 ditolak, artinya bahwa ada pengaruh secara signifikan antara manajemen sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik. Jadi dalam kasus ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial pengaruh yang negatif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Mappedeceng.
Kata Kunci: Pengaruh, Media Sosial, Prestasi Belajar PAI