SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI AKREDITASI DENGAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS : STMIK ERESHA)

Authors

  • Agus Suharto Universitas Pamulang
  • Fitri Puji Widiastuti

Abstract

ABSTRAK

Akreditasi merupakan hasil kinerja perguruan tinggi yang dijadikan sebagai alat dan acuan dalam pembinaan, pengembangan dan peningkatan perguruan tinggi baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya. Sekolah Tinggi Manajemen Informasi dan Komputer Eresha (STMIK ERESHA) ketika melakukan akreditasi masih berbentuk manual. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan perancangan Sistem Informasi Dokumentasi Akreditasi Dengan Metode Personal Extreme Programming, untuk pengarsipan. Dengan adanya Aplikasi web akreditasi membuat pekerjaan penyiapan data akreditasi oleh tim akreditasi (borang) lebih efisien dari sistem yang sebelumnya dan penyimpanan data borang yang lebih rapih dan tertata dengan baik. Metode yang digunakan dalam membuat aplikasi Sistem Informasi Dokumentasi Akreditasi adalah metode Personal Extreme Programming dikarenakan metode ini mengedepankan proses pengembangan yang lebih responsive terhadap kebutuhan customer (agile) dibandingkan dengan metode-metode lain dan dengan menggunakan metode PXP ini pengembangan software yang cepat, efisien, beresiko rendah, fleksibel dan terprediksi. Dengan dibuatnya aplikasi Sistem Informasi Dokumentasi Akreditasi (SIDA) yang berbasis web ini memberikan kemudahan dalam pengumpulan data sehingga dapat tersimpan dengan rapih dan dapat dipantau dan dapat dilihat seberapa besar progress yang sudah dilakukan oleh tim borang dalam menyiapkan seluruh keperluan akreditasi serta dapat mempersingkat waktu kinerja borang, mudah diakses bagi tim dan dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Kata kunci : Pengarsipan, Akreditasi, Asp.net, Bahasa Visual Basic, Web Base, Personal Extreme Programming

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Suharto, A., & Widiastuti, F. P. (2021). SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI AKREDITASI DENGAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS : STMIK ERESHA). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/15476

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.