PENERAPAN METODE SERVQUAL UNTUK EVALUASI DAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL NUNATA KEDAUNG, CIPUTAT, TANGERANG SELATAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan jasa dan tingkat kepuasan pesuluh terhadap kualitas pelayanan jasa yang diberikan oleh Bengkel Nunata Kedaung Ciputat. Penelitian dilakukan di Bengkel Nunata Kedaung Ciputat pada bulan Januari — Desember 2019.
Penelitian menggunakan metode Servqual sebagai instrumen guna melakukan pengukuran kualitas pelayanan jasa. Pengukuran kualitas jasa dalam model Servqual ini berdasarkan lima dimensi jasa yaitu tangibles, responsiveness, realibility, assurance, dan empathy. Dalam penelitian ini akan diukur gap 5 yaitu kesenjangan antara jasa yang telah diterima dengan jasa yang diharapkan oleh pelanggan. Metode ini menggunakan kuesioner dengan 12 pertanyaan (atribut) yang dapat digunakan
untuk mengukur kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pada kegiatan pelayan perbaikan mobil di Bengkel Nunata Kedaung Ciputat. Setelah itu dihasilkan kualitas pelayanan antara range -0.16 sampai dengan 0.29 yang menunjukkan kualitas pelayanan mendekati ideal dan tingkat kepuasan dengan nilai 86% menunjukkan bahwa pelanggan telah merasa puas atas jasa pelayanan pada tingkat kualitas yang baik.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Jasa, Metode Service Quality, Customer Satisfaction Index
ABSTRACK
This study aims to determine the level of service quality and satisfaction the participant of dissemination the quality of services provided by Nunata Car Service center. The research is conducted at Nunata Car Service Center Kedaung Pamulang from January to December 2019. This study is using the servqual method as an instrument to measure a quality of service. The measurement of the quality of service in the servqual method is based on the five dimensions of services namely tangibles, responsiveness, reliability, assurance, and empathy. This research will measure gap between experienced services and services expected by customers. The method using questionaire which is developed into 12 questions (attributes) that can be used to measure the quality of service and level of satisfaction on the activities of the Disseminasion of Practical Car Sevices of Nunata. The result quality of service found between the range -0.16 to 0.29 indicating nearly ideal quality of service and level of satisfaction with the value of 86%. The result indicates that the participant of dissemination satisfied with the quality of service delivered.
Keywords: Quality of Service, Service Quality Method (Servqual), Customer Satisfaction Index