STUDI KASUS SISTEM LAMPU LALU LINTAS PERSIMPANGAN MENGGUNAKAN METODE ADAPTIF NEURO FUZZY

Authors

  • Redi Darmawan

Abstract

Pengaturan Lampu Lalu Lintas yang ada di Indonesia saat ini menggunakan sistem pengaturan yang statis (menggunakan sistem Fixed Time Signal) tanpa memperhatikan naik turunnya arus lalu lintas. Kemacetan menjadi permasalahan di berbagai wilayah, terutama di kota-kota besar. Kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian terbesar di Indonesia memiliki kegiatan yang tinggi, namun kurang didukung dengan prasarana dan sikap pengguna jalan kurang disiplin, salah satu permasalahan yang timbul adalah pada persimpangan. Permasalahan ini tidak mudah untuk diatasi karena semakin hari pertumbuhan populasi kendaraan semakin bertambah.

Untuk itu dibutuhkan pengaturan lampu lalu lintas yang optimal dan efektif, dengan menggunakan sistem Fuzzy Logic. Dengan metode Fuzzy Logic pada sistem transportasi dapat mengefisienkan waktu nyala lampu lalu lintas berdasarkan tingkat kepadatan suatu persimpangan jalan. Ciri utama dari sistem ini adalah cocok untuk logika berfikir yang tidak pasti khususnya untuk sistem yang sulit dimodelkan secara matematika dan sistem ini membolehkan pengambilan keputusan dengan nilai pemikiran atau berdasarkan informasi yang tidak lengkap atau tidak pasti.

Variabel input sistem ini yaitu tingkat kepadatan lalu lintas dan variabel output dari sistem ini adalah durasi waktu nyala lampu hijau. Hasil dari penelitian menunjukkan metode Adaptif Neuro Fuzzy memberikan perhitungan waktu lampu yang lebih optimal dibandingkan metode statis (durasi tetap).

 

Kata Kunci : fuzzy logic, sistem lampu lalu lintas, persimpangan, tingkat kepadatan, durasi

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Darmawan, R. (2022). STUDI KASUS SISTEM LAMPU LALU LINTAS PERSIMPANGAN MENGGUNAKAN METODE ADAPTIF NEURO FUZZY. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 12(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/18177

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.