PERANCANGAN DATABASE BUKU TAMU DAN SURAT MENYURAT PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Marhaeni Marhaeni
  • Yoki Saputra

Abstract

Penyimpanan arsip di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bogor seperti pengarsipan surat masuk dan surat keluar masih di data dengan cara mencatat dalam bentuk buku besar yang dikelompokkan menjadi surat masuk dan surat keluar. Dengan penyimpanan yang masih manual, dapat memungkinkan data hilang, rusak dan menyulitkan pencarian data jika suatu waktu diperlukan kembali. Sehingga pekerjaan pun menjadi terhambat karenanya. Bagaimana membuat perancangan database tentang pencatatan dan pengarsipan buku tamu, surat masuk dan surat keluar Untuk mengatasi hal tersebut, dibangunlah sebuah rancangan database  menggunakan Microsoft Access. Dari permasalahan tersebut barulah mulai menyusun untuk membuat database aplikasi yang menggunakan sistem terkomputerasi. Dan diharapkan dapat mempermudah pekerjaan sehingga menghemat waktu agar efisiensi kerja meningkat dan memudahkan karyawan mengoperasikannya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di DPMD Kabupaten bogor, dapat ditarik kesimpulan yaitu Dengan  disajikannya  berbagai  bentuk  laporan  yang sesuai  dengan  kebutuhan, maka  akan  di  dapatkan informasi yang dibutuhkan oleh instansi. Hal ini karena data sudah terorganisasi dengan baik dan rapi yang sudah tersimpan dalam database sehingga dengan mudah dapat mengakses database.

Kata Kunci : Perancangan Database, Microsoft Access

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Marhaeni, M., & Saputra, Y. (2022). PERANCANGAN DATABASE BUKU TAMU DAN SURAT MENYURAT PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN BOGOR. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 12(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/18178

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.