IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SELEKSI KELAYAKAN PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM KODKARFE (Studi Kasus Pada Koperasi Dosen dan Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila)

Authors

  • Eko Suharyanto

Abstract

Koperasi merupakan salah satu bentuk organisasi di bidang kesejahteraan anggota, sistem informasi simpan pinjam pada koperasi Dosen dan Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila dinilai belum efektif, dimana ada sejumlah dana yang dipinjamkan kepada anggota dalam praktiknya kerapkali  terjadi ketimpangan dalam proses penyaluran pinjaman. Yang paling sering terjadi  adalah  keterbatasan  dana yang disalurkan  kepada  anggota,  sementara  jumlah  calon peminjam di ukur dari jumlah pinjaman yang diajukan melebihi kuota dana yang tersedia. Maka selain peraturan yang sudah ditetapkan oleh Kodkarfe, untuk mendapatkan pinjaman diperlukan beberapa  kriteria untuk menentukan apakah anggota yang mengajukan pinjaman bisa menerima pinjaman sesuai dengan pengajuannya atau tidak. Kodkarfe membutuhkan suatu sistem yang dapat melakukan penyeleksian kelayakan anggota dalam pengajuan pinjamannya, maka diperlukan sistem berbasis komputer yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan analisa data, perhitungan penilaian kriteria pemohon pinjaman serta membantu pengolahan data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah tersebut. Sistem dirancang dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW)  yang merupakan salah satu metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM). Metode SAW merupakan metode yang paling sederhana dan paling banyak digunakan. Metode ini juga metode yang paling mudah untuk diaplikasikan, karena mempunyai algoritma yang tidak terlalu rumit.

Kata kunci :  Korkarfe, simpan pinjam, metode SAW

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Suharyanto, E. (2022). IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SELEKSI KELAYAKAN PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM KODKARFE (Studi Kasus Pada Koperasi Dosen dan Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 12(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/18180

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.