OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MEMANFAATKAN MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING DI PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan pembelajaran di dalam kelas mempunyai peranan yang sangat penting bagi keberhasilan peserta didik. Hanya melalui kegiatan pembelajaran yang efektif, keberhasilan peserta didik akan dapat dicapai. Kemajuan teknologi dewasa ini telah banyak memberikan kontribusi dalam berbagai hal termasuk dalam rangka meningkatkan efektifitas pembelajaran dalam bahasa Inggris. Tujuan dari tulisan ini adalah 1). Menemukan akar permasalahan serta solusi dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran bahasa Inggris di prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang. 2). Mencari solusi atas permasalahan pembelajaran bahasa Inggris di prodi Teknik Informatika Unviersitas Pamulang. 3). Mengetahui kreatifitas dosen bahasa Inggris dalam mengembangkan materi. Salah satu hal yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris diantaranya adalah dengan menggunakan MALL atau Mobile Assisted Language Learning. Dengan menggunakan MALL sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini didukung oleh data kualitatif melalui wawancara mendalam dari beberapa informan, dan kajian literatur.
Kata kunci: Bahasa Inggris, Mobile Assested Language Learning, Optimalisasi .
ABSTRACT
Learning activities in the classroom have a very important role for the success of learning goals. Through effective learning activities, student success will be achieved. Today's technological advances have contributed a lot in various ways, including in order to increase the effectiveness of learning in English. The purpose of this paper is 1). Finding the root of the problem and solutions in order to optimize English learning in the Informatics Engineering study program at Pamulang University. 2). Looking for a solution to the problem of learning English in the Informatics Engineering study program at Pamulang University. 3). Knowing the creativity of English lecturers in developing the material. One of the things that can be used in learning English is to use MALL or Mobile Assisted Language Learning. By using MALL as a medium in teaching and learning activities, it is expected to make it easier for students to learn English. This research is supported by qualitative data through in-depth interviews from several informants, and literature review.
Keywords: English, Mobile Assessed Language Learning, Optimization