ANALISIS KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN SEKOLAH MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM METODE TSUKAMOTO

Authors

  • Aulia Ikhsan Universitas Pamulang
  • iis Aisyah Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

 Peningkatan kualitas merupakan salah satu strategi bisnis yang ditekankan pada pemenuhan keinginan pelanggan. Kepuasan siswa/ peserta didik terhadap pelayanan sekolah merupakan hal yang penting dalam strategi untuk menigkatkan kepercayaan masyarakat dalam menentukan sekolah yang berkualitas. Tingkat kepuasan siswa/ peserta didik ini dapat diukur dengan menggunakan pendekatan fuzzy inference system. Pendekatan fuzzy inference system merupakan suatu solusi yang dapat digunakan untuk menganalisis suatu permasalahan dari perbedaan satuan variabel yang akan digunakan untuk menghitung pola korelasi. Permasalahan yang diambil dari penelitian ini adalah menganalisis kepuasan siswa/ peserta didik terhadap pelayanan Sekolah SMP Pondok Pesantren Al-Barkah Al-Islamiyah dalam proses belajar mengajar sehingga pelayanan dapat ditingkatkan oleh sekolah agar dapat bersaing dengan sekolah yang ada di daerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui kualitas pelayanan sekolah berdasarkan pelayanan yang dirasakan dan diharapkan oleh siswa menggunakan metode Fuzzy Inference System (FIS) metode Tsukamoto sebagai salah satu ide pendukung untuk mengevaluasi kualitas pelayanan di sekolah SMP Pondok Pesantren Al-Barkah Al-Islamiyah.

 

Kata Kunci: Kepuasan Siswa, Fuzzy Inference System,Tsukamoto.

 

ABSTRACT

Quality improvement is one of the business strategies that is emphasized on fulfilling customer desires. Student / student satisfaction with school services is important in a strategy to increase community confidence in determining quality schools. The level of student / student satisfaction can be measured using the fuzzy inference system approach. The fuzzy inference system approach is a solution that can be used to analyze a problem from different unit variables that will be used to calculate correlation patterns. The problem taken from this study is analyzing the satisfaction of students / students towards the service of the  Pondok Pesantren Al-Barkah Al-Islamiyah Vocational School, Bogor in the teaching and learning process so that services can be improved by schools so that they can compete with schools in the area. The purpose of this research is to find out the quality of school services based on the services felt and expected by students and to compare the two methods of Fuzzy Inference System (FIS)  and Tsukamoto methods as one of the supporting ideas to evaluate the quality of service in schools from the analysis of student / participant satisfaction. students on services and facilities at the SMP Pondok Pesantren Al-Barkah Al-Islamiyah.

 

Keyword: student satisfaction, Fuzzy Inference System, Tsukamoto.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Ikhsan, A., & Aisyah, iis. (2022). ANALISIS KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN SEKOLAH MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM METODE TSUKAMOTO. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 17(3). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/24971

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.