PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF

Authors

  • Muhammad Fitran Trianto Setiawan Universitas Pamulang
  • Lilo Agidito Dwiputra2 Universitas Pamulang
  • Muhammad Virgi Santoso Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran e-commerce dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, dan Menengah (UMKM) di masyarakat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengekspkorasi dampak positif dari adopsi platform digital terhadap peningkatan daya saing, jangkauan pasar, dan efisiensi operasional UMKM. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik UMKM yang telah mengadopsi e-commerce serta analisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce e-commerce memegang peran signifikan dalam memperluas akses pasar, memperbaiki alur distribusi, dan memperkuat daya saing UMKM di era digital.

Kata kunci: e-commerce, UMKM, pertumbuhan ekonomi, transformasi digital, kualitatif.

 

ABSTRACT

            THE ROLE OF E-COMMERCE IN IMPROVING MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSMEs) IN COMMUNITY USING QUALITATIVE METHODS This study aims to analyze the role of e-commerce in supporting the growth of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in society. Using a qualitative approach, the research explores the positive impacts of adopting digital platforms on enhancing competitiveness, market reach, and operational efficiency of MSMEs. Data were collected through in-depth interviews with MSME owners who have adopted e-commerce and related literature analysis. The results of the study indicate that e-commerce plays a significant role in expanding market access, improving distribution channels, and strengthening the competitiveness of MSMEs in the digital era.

 Keywords: e-commerce, MSMEs, economic growth, digital transformation, qualitative.

 

Author Biographies

Muhammad Fitran Trianto Setiawan, Universitas Pamulang

Sistem Informasi 

Muhammad Virgi Santoso, Universitas Pamulang

Sistem Informasi 

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Setiawan, M. F. T., Dwiputra2 , L. A., & Santoso, M. V. (2024). PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 19(3), 70–75. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/46042

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.