ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS MAHASISWA SISTEM INFORMASI
Abstract
ABSTRAK
ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS MAHASISWA SISTEM INFORMASI.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Pamulang. Kehadiran AI di lingkungan pendidikan tinggi telah mengubah pola mahasiswa dalam mengakses informasi dan menyelesaikan tugas akademik. Meskipun demikian, pengaruhnya terhadap pengembangan Higher-Order Thinking Skills (HOTS) masih menjadi perdebatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei ex-post facto dan melibatkan 31 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur tiga variabel utama: intensitas penggunaan AI (X) dengan 10 indikator (P1–P10), kemampuan berpikir kritis (Y1) dengan 5 indikator (C1–C5), serta kreativitas (Y2) dengan 5 indikator lainnya. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert 5 poin yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa penggunaan AI berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (β = 0.511, t = 5.345, p = 0.000) dan kreativitas (β = 0.468, t = 4.901, p = 0.000). Temuan ini menegaskan bahwa AI berperan sebagai katalis kognitif yang mampu memperkaya eksplorasi ide serta meningkatkan kemampuan analisis evaluatif mahasiswa. Implikasi penelitian menekankan pentingnya integrasi AI dalam kurikulum secara reflektif dan etis untuk menghindari ketergantungan pasif serta memaksimalkan potensinya sebagai mitra intelektual dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Artificial Intelligence, Berpikir Kritis, Kreativitas, Sistem Informasi, Pendidikan Tinggi.
.
ABSTRACT
ANALYSIS OF THE EFFECT OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE USE ON THE CRITICAL THINKING ABILITY AND CREATIVITY OF INFORMATION SYSTEMS STUDENTS .This study aims to analyze the impact of Artificial Intelligence (AI) utilization on the critical thinking and creativity skills of Information Systems students at Pamulang University. The presence of AI in higher education has transformed the way students access information and accomplish academic tasks. However, its influence on the development of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) remains a topic of debate. This quantitative research employs an ex-post facto survey design involving 31 respondents selected through purposive sampling. Data were collected using a questionnaire that measured three main variables: AI usage intensity (X) with 10 indicators (P1–P10), critical thinking ability (Y1) with 5 indicators (C1–C5), and creativity (Y2) with 5 other indicators. The instrument used a 5-point Likert scale that had been tested for validity and reliability. Results from multiple linear regression analysis reveal that AI usage has a positive and significant effect on both critical thinking (β = 0.511, t = 5.345, p = 0.000) and creativity (β = 0.468, t = 4.901, p = 0.000). These findings suggest that AI serves as a cognitive catalyst, enhancing idea exploration and students’ evaluative analytical skills. The study highlights the importance of reflective and ethical integration of AI into the curriculum to prevent passive dependence and to maximize AI’s role as an intellectual partner in learning.
Keywords: Artificial Intelligence, Critical Thinking, Creativity, Information Systems, Higher Education