EKSPLORASI MENDALAM PENGALAMAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING DI UNIVERSITAS PAMULANG
Abstract
ABSTRAK
EKSPLORASI MENDALAM PENGALAMAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING DI UNIVERSITAS PAMULANG. Penggunaan aplikasi e-learning MENTARI di Universitas Pamulang menjadi bagian penting dalam mendukung proses pembelajaran daring, sehingga diperlukan evaluasi terhadap pengalaman pengguna untuk menilai kualitas kenyamanan dan efektivitas sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa mengenai usability, kemudahan penggunaan, tampilan antarmuka, kejelasan informasi, aksesibilitas, serta performa sistem. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner Google Form yang diisi oleh mahasiswa pengguna aktif MENTARI, dilengkapi observasi langsung terhadap tampilan dan fitur aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MENTARI memiliki beberapa fitur yang dinilai membantu, seperti Dashboard, Menu Materi, Forum Diskusi, dan Kuis yang mudah digunakan serta mendukung aktivitas pembelajaran. Namun, terdapat sejumlah kendala yang sering muncul, di antaranya gangguan teknis seperti lag, error login, dan server down, serta ketidaktampilan notifikasi yang menyebabkan mahasiswa melewatkan informasi penting. Tampilan antarmuka juga dianggap terlalu sederhana dan kurang menarik secara visual, sehingga belum memenuhi standar estetika aplikasi pendidikan digital masa kini. Observasi visual memperkuat temuan kuesioner bahwa struktur antarmuka kurang memiliki hierarki dan masih memerlukan peningkatan dari segi desain. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun MENTARI telah memenuhi fungsi dasar pembelajaran daring, perbaikan pada aspek teknis dan tampilan UI/UX diperlukan agar pengalaman pengguna menjadi lebih optimal dan mendukung pembelajaran digital secara berkelanjutan.
Kata kunci: MENTARI, usability, tampilan antarmuka, persepsi mahasiswa, tampilan UI/UX.
ABSTRACT
IN-DEPTH EXPLORATION OF STUDENTS' EXPERIENCES IN USING THE MENTARI E-LEARNING APPLICATION AT UNIVERSITAS PAMULANG. The use of the MENTARI e-learning application at Universitas Pamulang plays an essential role in supporting digital learning activities, thereby requiring a user experience evaluation to assess system comfort and effectiveness. This study aims to explore students’ perceptions re-garding usability, ease of use, interface design, information clarity, accessibility, and system performance. The research employed a qualitative approach, with data collected through a Google Form questionnaire completed by active MENTARI users, complemented by direct observation of the application's interface and features. The findings indicate that several features—such as the Dashboard, Learning Materials, Discussion Forum, and Quiz—are perceived as helpful, easy to use, and supportive of the learning process. However, various technical issues were frequently reported, including lag, login errors, server downtime, and the absence of functioning notifications, which often caused students to miss important updates. The interface design was also considered overly simple and visually unappealing, falling short of the aesthetic standards of modern digital learning plat-forms. Visual observations reinforced the questionnaire results, showing that the interface lacked hierarchy and required improvement in design structure. Overall, the study concludes that although MENTARI fulfills basic digital learning functions, enhancements in technical performance and UI/UX design are necessary to optimize user experience and support sustainable digital learning.
Keywords: MENTARI, usability, user interface, student perceptions, UI/UX design.