Efektivitas Persepsi Media Power Point dan Kemandirian Belajar pada Penguasaan Penulisan Report Text Mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v8i1.29222Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai hipotesis efektivitas persepsi media power point dan kemandirian belajar pada penguasaan penulisan Report Text mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Responden adalah 115 mahasiswa semester satu Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Penerapan metode yang dilakukan yaitu kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk pengambilan data primer. Pada analisa penelitian, digunakan analisis regresi berganda dengan software SPSS. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa (1) persepsi media power point memiliki efektivitas yang signifikan pada penguasaan penulisan Report Text mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang sebesar 6,23%. (2) persepsi kemandirian belajar memiliki efektivitas yang signifikan pada penguasaan penulisan Report Text mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang sebesar 10,19%, dan (3) persepsi media power point dan kemandirian belajar secara bersamaan memiliki efektivitas yang signifikan pada penguasaan penulisan Report Text mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang sebesar 14,9%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti yaitu 85,1%.Kata kunci: media belajar; kemandirian belajar; penguasaan penulisan Report Text
References
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asih, Nur, and Sendi Ramdhani. (2019). “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis.†Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8(3).
Asnafiah, Elis. (2021). “Meningkatkan Motivasi Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Balikpapan.†Jurnal Basataka (JBT) 4(2).
Dedi, Rasdjo, Angga Sucitra Hendrayana, Erin Erisyani, and Nana Setiana. (2016). “Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD Masukan Sarjana Di UPBJJ UT Bandung.†EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 8(2):163–77.
Devito, Joseph A. (2015). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Karim, Parhani Ahmad. (2022). “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narrative Melalui Pictures Series Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Marisa.†Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS 02(2):655–62.
Mulyasa, E. (2017). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa. Yogyakarta: BPFE
Nurlaili, Abdul Wahab Abdi, and Amsal Amri. (2018). “Hubungan Kemandirian Belajar Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP