Mengoptimalkan Keterampilan Menulis Recount Text Mahasiswa Kebidanan Melalui Video The Best Day di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang

Authors

  • Anggraini Karditiawati STIKes Widya Dharma Husada Tangerang Selatan
  • Dony Mahendra STIKes Widya Dharma Husada Tangerang Selatan
  • Ahmad Tabrani UIN SMH Banten
  • Inggri Dwi Rahesi STIKes Widya Dharma Husada Tangerang Selatan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengoptimalkan keterampilan menulis recount text mahasiswa kebidanan di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang menggunakan video "The Best Day" dan untuk menilai besar kemampuan menulis mereka telah meningkat sebelum dan sesudah treatment. Sebagai metode kuantitatif, peneliti menggunakan desain pre- dan post-test grup kontrol menggunakan strategi quasi-eksperimen. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, responden sebanyak 64 mahasiswa kebidanan semester pertama dari 2 kelas yakni 01KBDP001 (eksperimen) dan 01KBDP002 (kontrol). Di kelas eksperimental, peneliti mengajarkan menulis recount text dengan video, sedangkan kelas kontrol metode konvensional. Hasil penelitian terlihat mean rank posttest kelompok kontrol – posttest kelompok eksperimen adalah 22.05 < 42.95 menyebabkan adanya kenaikan mean rank 20.9 menggunakan pembelajaran konvensional dan eksperimen sesudah diberikan treatment berupa video klip “The Best Day”. Mean rank pre- post- test grup eksperimen 17.66 < 47.34 menyebabkan adanya kenaikan mean rank 29.68 setelah diberikan treatment video.
Kata kunci: Keterampilan menulis; Recount text; The Best Day; Video

Author Biography

Anggraini Karditiawati, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang Selatan

DIII Farmasi Stikes Widya Dharma Husada Tangerang Selatan

Additional Files

Published

26-08-2024

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.