EFEK PERAN SERTA KELUARGA DALAM PROSES PENDIDIKAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v1i1.3737Abstract
Faktor yang membuat keluarga kehilangan intensitas hubungannya satu sama lain, seperti: pola hidup yang konsumerisme, kesibukan orang tua, jarak tempat kerja dengan rumah, jarak rumah dengan sekolah, tuntutan dunia penidikan yang mengharuskan anak lebih lama berada disekolah, gempuran teknologi dan media massa, serta semakin banyaknya lembaga dan perkumpulan sosial. Pada tingkat permulaan fungsi ibu sebagian sudah diambil alih oleh pendidikan pra sekolah. Pada tingkat spesialisasi yang rumit, pendidikan keterampilan sudah tidak berada pada ayah lagi, sebab sudah diambil alih oleh sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Keluarga sebagai lingkungan pertama dan utama sangatlah berperan penting dalam proses pendidikan seorang anak. Pola pendidikan didalam keluarga sangat menentukan watak, karakter maupun cara anak itu bereaksi terhadap lingkungannya. Sesibuk apapun masing-masing anggota keluarga dijaman modern ini, orang tua tetaplah harus mengambil peran yang utama dalam proses pendidikan anak-anaknya.
Kata Kunci: Peran Keluarga, Pendidikan Anak
References
Pidarta, Made. (2009). Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan
Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, M. Ngalim (2007). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tirtaraharja, Umar, La Sulo, S.L. (2005) Pengantar Pendidikan: Jakarta:
Rineka Cipta.