ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA MAKALAH MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • HERI INDRA GUNAWAN Pamulang University
  • SAPTINA RETNAWATI Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v2i2.3760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesalahan huruf kapital, (2) kesalahan penulisan kata depan dan imbuhan, (4) kesalahan penulisan unsur serapan, dan (4) kesalahan pemakaian tanda baca pada makalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Untuk memperdalam dan lebih fokus, maka sampel penelitian ini berjumlah 21 makalah yang terdiri dari makalah mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Reguler B dan C. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik membaca dan mencacat, sedangkan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan human instrument, yaitu peneliti sendiri. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan cara intrarater dan interrater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan ejaan pada makalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 162 kesalahan yang terdiri: (1) kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 78 kesalahan, (2) kesalahan penulisan kata depan di dan ke sebanyak 42 kesalahan, yang meliputi kesalahan penulisan kata depan di sebanyak 7 kesalahan, kesalahan penulisan kata depan ke sebanyak 2 kesalahan, sedangkan imbuhan di- sebanyak 33 kesalahan, dan kesalahan imbuhan ke- serta kata depan dari tidak ditemukan kesalahan pada makalah mahasiswa, (3) kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 40 kesalahan, yang meliputi kesalahan pemakaian tanda baca titik (.) sebanyak 37 kesalahan, kesalahan pemakaian tanda baca titik dua (:) sebanyak 3 kesalahan,  dan kesalahan pemakaian tanda baca koma (,), kesalahan pemakaian tanda hubung (-), kesalahan pemakaian tanda tanya (?), dan (4) kesalahan pemakaian tanda seru (!), kesalahan pemakaian tanda baca titik koma (;), kesalahan pemakaian tanda petik tunggal (‘…’), kesalahan pemakaian tanda petik (“…â€), dan kesalahan pemakaian garis miring (/) tidak ditemukan kesalahan.

Kata Kunci: Kesalahan Ejaan, Makalah.

References

Ahmadi, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Badudu, J.S. 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta: Bahasa Indonesia.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa; Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia

Prihantini, Ainia. 2015. Master Bahasa Indonesia; Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka

Soedartanto. 2001. Metodologi dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Tarigan. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tim Pengembang Bahasa Indonesia 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Widjono, H.S. 2007. Bahasa Indonesia; Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grasindo

Woelong Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Additional Files

Published

01-08-2017

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.