PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KEJENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3827Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan kejenjang sekolah menengah atas pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Sekolah mempengaruhi minat melanjutkan kejenjang SMA pada siswa kelas IX SMP Islam Daar El-Arqam tahun ajaran 2018/2019 dapat dilihat dari Uji t, dengan nilai t hitung yang diperoleh dari variabel bebas Lingkungan Sekolah yaitu sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dimana dengan pedoman hipotesis ialah jika profitabilitas/signifikan <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan jika profitabilitas/ signifikan > 0,05 maka Ho diterima dan Ho ditolak. Jika dilihat dari hasil yang diperoleh, maka 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan variabel bebas yaitu Lingkungan Sekolah berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke SMA.
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Minat.
References
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.
Aryanto, Elfin Ardi. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Kelas XI SMAN Jogonalan Tinggi Untuk Melanjutkan Ke Jenjang Perguruan Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016.Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Yogyakarta.
Gunawan, Ary. 2002. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi: Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung : Alfabeta.
Tu’u, Tulus, 2004, Peran Disipiln pada perilaku dan prestasi Siswa, Jakarta: Gramedia widiasarana.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 13 ayat 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Nasution. S. 2011. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.