KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER 6C PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG (Studi Analisis Keterampilan Menjelaskan)

Authors

  • SOFFI SOFFIATUN Pamulang University
  • RUSMAINI RUSMAINI Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.3850

Abstract

Mengajar adalah salah satu tugas guru dalam melakukan proses pembelajaran dan mengajar juga menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menyerap materi oleh peserta didik. Ada 8 keterampilan mengajar yang harus dikuasi oleh calon guru sebagai bekal untuk dapat mengajar dengan baik. Salah satunya adalah keterampilan menjelaskan, dalam keteampilan menjelaskan ini calon guru dan guru dituntut untuk mampu menjadi penterjemah Bahasa buku yang baik sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Kemempuan para mahasiswa dalam menjelaskan masih dinilai kurang memuaskan untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan 1) untuk menggali lebih dalam kendala-kendala mahasiswa ketika memparaktekkan keterampilan menjelaskan, dan memberikan solusi untuk meminimalisir kelemahan tersebut. 2) Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan metode penelitian kualitatif. 3) Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 4) pada penelitian ini ditemukan bahwa dalam keterampilan menjelaskan mahasiswa belum bisa memahami materi yang akan disampaikan, tidak bisa mengembangkan materi, malas untuk membaca dan malas mengikuti perkembangan-perkembangan terbaru yang berkaitan dengan materi.5) dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa pada semester 6 ini belum dapat dikatakan terampil dalam melaksanakan keterampilan mengajar pada keterampilan menjelaskan

Kata Kunci: keterampilan dasar mengajar, keterampilan menjelaskan

References

Buchari, Alma. (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabetha

Djamarah. S. B, Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Hamdani. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Megler, A.G dan Tangen, DJ. (2010). Using Microteaching to Enhance Teacher Efficacy In Pre-Service Teachers. Journal of Teaching Education.

Mulyasa. (2014). Guru Dalam Implemetasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukirman, Dadang. (2011). Perencanaaan Pembelajaran. Bandung : UPI PRESS.

Additional Files

Published

23-01-2020

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.