ANALISIS PENGARUH PEMBELIAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN PERAN MODERASI KUALITAS PRODUK PADA KONUSMEN MINUMAN HYDRO COCCO
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4261Abstract
Penelitian ini merupakan kegiatan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Hydro Cocco dengan peran moderasi variabel kulaitas produk. Saat ini, minat masyarakat untuk mengkonsumsi minuman berelektrolit semakin meningkat. Untuk hal itu, diperlukan pengkajian pada faktor yang berpengaruh pada loyalitas pelanggan. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa masih banyaknya konsumen yang merasa kurang terpenuhi harapannya mengenai minuman berelektrolit. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis besaran dari variabel penelitian berikut : (1) Kondisi : pembelian, kualitas produk, dan loyalitas konsumen, (2) Seberapa besar pengaruh pembelian terhadap loyalitas (4) Bagaimana peran moderasi dari variabel kualitas produk pada pengaruh pembelian terhadap loyalitas konsumen. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dijabarkan dalam analisa deskriptif dan verifikatif dan dilakukan pada masyarakat di Tangerang. Teknik sampling yang digunakan aksidental sampling dengan ketentuan nasabah telah berlangganan setidaknya 3 tahun. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian kuantitatif ini adalah analisis regresi dengan peran moderator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden : (1) Kondisi pembelian, kualitas produk, dan loyalitas pada kriteria kurang baik sampai dengan sangat baik. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pembelian terhadap loyalitas sebesar 63,70 % 4) Terdapat peran moderasi dari variabel kualitas produk pada pengaruh dari pembelian terhadap loyalitas konsumen, dengan jenis moderator semua.
Kata Kunci : pembelian, kualitas produk, variabel moderator, loyalitas.
References
Setiawan, Indra. (2006). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT Versacon Medicalâ€(Study Kasus di PT. Versacon Medical).Tesisi, Program Pascasarjana, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.
Erlita, Citra. (2016). Perusahaan Dan Tarif Premi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Kepuasan Pelanggan, Tesis Program Pascasarjana, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.
Frans, M Royan. (2011). Menjadi Penjual Profesional Ala Sun Tzu, Kanisius.
Kotler dan Amstrong. (2003). Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta : Indeks.