Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berkebhinekaan Global Melalui Tari Candik Ayu dalam Membangun Karakter Siswa di SDN 3 Keling Jepara

Authors

  • Qurrotul A'yun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Muhaimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Tari Candik Ayu di SD Negeri 3 Keling dapat memperkuat Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi keberagaman global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tari dapat meningkatkan kesadaran dan apresiasi budaya, keterampilan komunikasi antarbudaya, refleksi, dan tanggung jawab dalam pengalaman keberagaman, serta membangun kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tari menunjukkan peningkatan kesadaran dan apresiasi budaya, keterampilan komunikasi antarbudaya, refleksi, dan tanggung jawab dalam mengalami keberagaman, serta pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila.

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila; dimensi keberagaman global; Tari Candik Ayu

Additional Files

Published

26-08-2024

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.