UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MANAJEMEN BISNIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI)
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v5i1.6147Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang, kelas 03PIEP001 pada mata kuliah Manajemen Bisnis melalui model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method melalui metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dosen dan mahasiswa 03PIEP001 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang merupakan subjek dari penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar obseravasi kegiatan belajar mahasiswa, lembar observasi keterampilan dasar mengajar untuk dosen, serta soal tes guna mengetahui hasil belajar mahasiswa khususnya di mata kuliah manajemen bisnis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor keterampilan dasar mengajar pada tahap (siklus) yang pertama yaitu 21 (baik), untuk tahapan yang kedua mendapatkan 24 (sangat baik), dan tahapan yang ketiga mendapatkan skor 27 (sangat baik). Selanjutnya untuk kegiatan mahasiswa dalam pembelajaran melalui tahap (siklus) yang pertama mendapatkan 19 (cukup), untuk tahapan yang kedua mendapatkan skor 23 (baik), dan tahapan yang terakhir mendapatkan skor 28 (sangat baik). Untuk melihat ketuntasan hasil belajar mahasiswa dapat dilihat pada tahap (siklus) yang pertama adalah mendapatkan 44% (tidak tuntas), pada tahapan yang kedua mendapatkan ketuntasan 72% (tidak tuntas), dan pada tahap yang ketiga mendapatkan 89% (tuntas). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu model Group Investigation (GI) mampu meningkatkan kualitas pembelajaran Manajemen Bisnis dilihat dari peningkatan keterampilan mengajar dosen, kegiatan belajar mahasiswa, serta hasil belajar mahasiswa mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang, kelas 03PIEP001 pada mata kuliah Manajemen Bisnis
Kata Kunci: model GI;kualitas pembelajaran;manajemen bisnis
References
Barret, Terry (2005). Understanding Problem Based Learning. University of Texas : Austin.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jogiyanto. 2006. Metode Kasus. Jakarta:Andi
Khoirunisyah, Siti, dkk. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kreatif. 73-80
Pranata, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Siswa. Vol. 3 No. 1 Tahun. 2015
Rohi, Diana., Sariyatun. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran Sejarah untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kupang. Jurnal FKIP UNS Vol. 2 No 2
Undang – Undang Nomor 20 Tahun 20003, Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wowo Sumarni, dkk (2009) Efektivitas penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 3 No.1, 345-353