Analisis Strategi Pemasaran Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Mataram (Studi Kasus Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)

Authors

  • I Made Suardana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Baiq Desthania Prathama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v4i3.11408

Keywords:

Lingkungan internal, lingkungan eksternal, SWOT, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Mataram†(Studi Kasus pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan melihat catatan atau dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini (teknik dokumentasi) dan teknik wawancara secara mendalam yang bersumber dari informan kunci yang dipandang mengetahui secara mendalam terhadap permasalahan penelitian ini.  Data yang berhasil dikumpulkan, dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif : (SWOT, EFAS - IFAS serta grand strategy) dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi level korporasi yang diterapkan oleh STIE AMM berdasarkan analisis yang telah dilakukan adalah strategi diversifikasi, dengan memperbanyak produk pelayanan pendidikan  yang tidak berbeda dengan produk utamanya. Strategi level fungsional untuk mendukung diversifikasi yaitu: strategi positioning product, diversifikasi produk, strategi penetration pricing, promosi yang dapat membentuk image konsumen potensial dan bersifat periodik, produk pelayanan pendidikan sedekat mungkin dengan konsumen, dan strategi harga yang dapat bersaing serta pemberian potongan bagi mahasiswa berprestasi, serta personal traits yang aspiratif.

Author Biographies

I Made Suardana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Program Studi Manajemen

Baiq Desthania Prathama, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Program Studi Keuangan dan Perbankan

References

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa (13th ed.). CV. Alfabeta.

Cooper, D. R., & Emory, W. (1996). Metode penelitian bisnis (E. Gunawan (ed.); 5th ed.). Erlangga.

Cravens, D. W., & Piercy, N. F. (2006). Strategic Marketing (8th ed.). McGraw-Hill.

David, A., & Moorman, C. (2017). Strategic Market Management (11th ed.). Wiley.

Kotler, P. (2012). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian (A. A. Hermawan (ed.)). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (A. Kusumawati (ed.); 13th ed.). Erlangga.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Manurung, M. T., Sugiarto, J., & Munas, B. (2016). Membangun Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Pada Industri Kecil Menegah Tenung Ikat Di Troso, Jepara. Jurnal Bisnis Strategi, 25(2), 171–182. https://doi.org/10.14710/jbs.25.2.171-182

Muhammad, S. (2004). Manajemen Strategik : Konsep dan Kasus (3rd ed.). UPP-AMP YKPN.

Rangkuti, F. (2014). ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Risdwiyanto, A., & Dharmmesta, B. S. (2001). Pengembangan Konsep Jasa Pendidikan Tinggi Berbasis Keinginan Konsumen Potensial. Journal of Indonesian Economy and Business, 16(4), 401–420.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Nurzaman, E., Sarwani., Lesmana, R., Hasbiayah, W.(2021). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19, Denpasar. 2(2). 96-104

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction (3rd ed.). Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Andi Offset.

Downloads

Published

2021-07-02