Analisis Strategi Pemasaran Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Mataram (Studi Kasus Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v4i3.11408Keywords:
Lingkungan internal, lingkungan eksternal, SWOT, Strategi PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Mataram†(Studi Kasus pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan melihat catatan atau dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini (teknik dokumentasi) dan teknik wawancara secara mendalam yang bersumber dari informan kunci yang dipandang mengetahui secara mendalam terhadap permasalahan penelitian ini. Data yang berhasil dikumpulkan, dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif : (SWOT, EFAS - IFAS serta grand strategy) dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi level korporasi yang diterapkan oleh STIE AMM berdasarkan analisis yang telah dilakukan adalah strategi diversifikasi, dengan memperbanyak produk pelayanan pendidikan yang tidak berbeda dengan produk utamanya. Strategi level fungsional untuk mendukung diversifikasi yaitu: strategi positioning product, diversifikasi produk, strategi penetration pricing, promosi yang dapat membentuk image konsumen potensial dan bersifat periodik, produk pelayanan pendidikan sedekat mungkin dengan konsumen, dan strategi harga yang dapat bersaing serta pemberian potongan bagi mahasiswa berprestasi, serta personal traits yang aspiratif.
References
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa (13th ed.). CV. Alfabeta.
Cooper, D. R., & Emory, W. (1996). Metode penelitian bisnis (E. Gunawan (ed.); 5th ed.). Erlangga.
Cravens, D. W., & Piercy, N. F. (2006). Strategic Marketing (8th ed.). McGraw-Hill.
David, A., & Moorman, C. (2017). Strategic Market Management (11th ed.). Wiley.
Kotler, P. (2012). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian (A. A. Hermawan (ed.)). Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (A. Kusumawati (ed.); 13th ed.). Erlangga.
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Manurung, M. T., Sugiarto, J., & Munas, B. (2016). Membangun Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Pada Industri Kecil Menegah Tenung Ikat Di Troso, Jepara. Jurnal Bisnis Strategi, 25(2), 171–182. https://doi.org/10.14710/jbs.25.2.171-182
Muhammad, S. (2004). Manajemen Strategik : Konsep dan Kasus (3rd ed.). UPP-AMP YKPN.
Rangkuti, F. (2014). ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Risdwiyanto, A., & Dharmmesta, B. S. (2001). Pengembangan Konsep Jasa Pendidikan Tinggi Berbasis Keinginan Konsumen Potensial. Journal of Indonesian Economy and Business, 16(4), 401–420.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Nurzaman, E., Sarwani., Lesmana, R., Hasbiayah, W.(2021). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19, Denpasar. 2(2). 96-104
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction (3rd ed.). Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.