Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada SMA Nusantara Plus Ciputat

Authors

  • Syarif Hidayatullah STIE Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v4i3.11577

Keywords:

SWOT, Strategi Pemasaran, Daya Saing

Abstract

Abstrak. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui kondisi ineternal dan eksternal sekolah agar dapat menciptakan strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan daya saing SMA Nusantara Plus. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan pihak sekolah, kemudian data dianalisi menggunakan matriks EFE, IFE, CPM dan SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang paing tepat untuk diimplementasikan oleh manajemen SMA Nusantara Plus Ciputat adalah strategi penetrasi pasar.

 Keywords: SWOT; Strategi Pemasaran; Daya Saing

 

 

References

Borza, Anca; Bordean, Ovidiu (2008).Journal International Conference Proceedings.Jun 11-Jun 14, 2008. Implementation of SWOT analysis in Romanian Hotel Industry.An Enterprise Odyssey.diakses pada 15 November 2013; ProQuest Research Library

Cox, Marcus Z., Josh Daspit, Erin McLaughlin, dan Raymond J. Jones III. (2012). Journal of Business Strategies.Strategic Management: Is It An Academic Discipline, diakses pada 23 Mei 2013; ProQuest Research Library

David, Fred.R. (2009). Manajemen Strategis, Edisi dua belas, Salemba Empat, Jakarta.

Dewanti, Retno. (2008). Kewirausahaan, Mitra Wdia Media, Jakarta.

Dyck, B & Neubert, M.J. (2009). Principles of Management. South-Western: CengageLearning.

Lesmana, R. (November 2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF Forkamma Vol 3 No 1, 1 - 12.

Mudrajad, Kuncoro. (2008). Strategi Pengembangan Pasar Modern dan Tradisional.Kadin Indonesia.

Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Bogor.

Nigel F. Piercy (2010). Journal of Business & Industrial Marketing 25 / 5 2010. Evolution of Strategic Sales Organizations in Business-to-business marketing.diakses pada 20 Desember 2013; ProQuest Research Library

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Ormanidhi, Orges; Stringa, Omer (2008). Journal Business Economics.Porter’s Model of Generic Competitive Strategies. July 2008; 43, 3; diakses pada 29 Mei2013; ProQuest Research Library

Pearce II. John A dan Robinson, Richard (2008). Manajemen Strategis – formulasi, implementasi, dan pengendalian. Edisi 10. Salemba Empat, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis: Analiis SWOT. Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI.PT. Gramedia Utama, Jakarta.

Robbins, S.P. & Coulter, Mary. (2011). Manajemen. PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Solihin, Ismail. (2009). Pengantar Manjemen. Erlangga, Jakarta.

Sunyoto, Danang. (2013). Manajemen Pemasaran (Pendekatan Konsep, Kasus, dan Psikologi Bisnis). PT. BukuSeru, Jakarta.

Suryana, (2008). Kewirausahaan: Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Keempat, Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.

Tangkas Udiono (2010). Analisa dan perancangan system informasi akutansi Penjualan (point of sales) pada koperasi karyawan Bina Nusantara. Volume 01. December 2010

Umar, Husein. (2008). Strategic Management in Action. Cetakan ke lima. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wardani, M. A. (2017). Analisis Daya Saing Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Ban Indonesia ke Kawasan Amerika Latin. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembanguan, Vol 6 No 1, 81 - 100.

Widjaja, Wachidin Anton (2012). Book: The Ary Suta Center. Series on Strategic Management.Kepemimpinan berkewirausahaan: pembentukan kognisi dari kritis menuju keunggulan bersaing. Cetakan Pertama. Januari 2012

Wijaya, David (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Cetakan Pertama. Salemba Empat, Jakarta.

Downloads

Published

2021-07-01