Pengaruh Iklan Terhadap Kesadaran Merek Dompet Digital Dana
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v5i1.12396Keywords:
Dompet Digital, Iklan, Kesadaran Merek, Manajemen, PemasaranAbstract
Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat salah satunya dalam bidang pemasaran khususnya periklanan. Iklan yang baik perlu memperhatikan kreativitas, kualitas, dan frekuensi penayangan. Riset ini ingin menguji pengaruh iklan terhadap kesadaran merek pada dompet digital DANA. Penelitian kuantitatif ini memanfaatkan kuesioner online dalam pengumpulan data dengan jumlah responden 100 orang. Uji yang diperlukan yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian ini didapatkan hasil bahwa variabel iklan mempunyai pengaruh terhadap variabel kesadaran merek. Dengan ini disimpulkan bahwa variabel iklan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesadaran merek. Dengan ini para pelaku bisnis perlu mendesain iklan dengan kreativitas dan memiliki kualitas yang baik dan dapat memberikan dampat yang positif untuk meningkatkan kesadaran merek.
References
Aaker, David A. 1991. Managing Brand Equity. New York, NY: The Free Press
Faizan, A. (2014). Pengaruh Kreativitas Iklan dan Endorser terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Mie Sedaap. Management Analysis Journal, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.15294/maj.v3i2.3954
Fatimah, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelembab Wardah Pada Konsumen AL Yasini Mart Wonorejo. Jurnal Sketsa Bisnis, 1(2), 58. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/SKETSABISNIS/issue/archive
Febriana, C. (2015). PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP KESADARAN MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Pengguna Produk TRESemmé). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(1), 86112.
Jacob, A. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2). https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20026
Kartika, A., & Artha Kusuma, A. (2016). Peran Efektivitas Iklan Dalam Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Pada Iklan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Aqua) Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 242519.
Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16
Roro Arinda Reswanti Julian Pratama. (2019). USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK STUDI KASUS PADA dRyShirt. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 1(1). https://doi.org/10.15294/maj.v1i1.505
Sukmana, L. N., Achmad, G. N., & ZA, S. Z. (2018). Pengaruh efektifitas iklan televisi. Jurnal Manajemen Universitas Mulawarman, 9(2), 76. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i2.2477
Tjiptono, Fandy. (2016). PEMASARAN, Esensi & Aplikasi. ED. 1. Yogyakarta: ANDI
Wicaksono, A. (2018). Jurnal Manajemen Industri dan Logistik Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik | ISSN (Print) 2622-528X | ISSN (Online) 2598-5795 | Industrial, 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.