Pengaruh Iklan Terhadap Kesadaran Merek Dompet Digital Dana

Authors

  • Angga Aditiya Istijarno Singaperbangsa Karawang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v5i1.12396

Keywords:

Dompet Digital, Iklan, Kesadaran Merek, Manajemen, Pemasaran

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat salah satunya dalam bidang pemasaran khususnya periklanan. Iklan yang baik perlu memperhatikan kreativitas, kualitas, dan frekuensi penayangan. Riset ini ingin menguji pengaruh iklan terhadap kesadaran merek pada dompet digital DANA. Penelitian kuantitatif ini memanfaatkan kuesioner online dalam pengumpulan data dengan jumlah responden 100 orang. Uji yang diperlukan yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian ini didapatkan hasil bahwa variabel iklan mempunyai pengaruh terhadap variabel kesadaran merek. Dengan ini disimpulkan bahwa variabel iklan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesadaran merek. Dengan ini para pelaku bisnis perlu mendesain iklan dengan kreativitas dan memiliki kualitas yang baik dan dapat memberikan dampat yang positif untuk meningkatkan kesadaran merek.

References

Aaker, David A. 1991. Managing Brand Equity. New York, NY: The Free Press

Faizan, A. (2014). Pengaruh Kreativitas Iklan dan Endorser terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Mie Sedaap. Management Analysis Journal, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.15294/maj.v3i2.3954

Fatimah, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelembab Wardah Pada Konsumen AL Yasini Mart Wonorejo. Jurnal Sketsa Bisnis, 1(2), 58. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/SKETSABISNIS/issue/archive

Febriana, C. (2015). PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP KESADARAN MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Pengguna Produk TRESemmé). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(1), 86112.

Jacob, A. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2). https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20026

Kartika, A., & Artha Kusuma, A. (2016). Peran Efektivitas Iklan Dalam Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Pada Iklan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Aqua) Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 242519.

Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16

Roro Arinda Reswanti Julian Pratama. (2019). USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK STUDI KASUS PADA dRyShirt. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 1(1). https://doi.org/10.15294/maj.v1i1.505

Sukmana, L. N., Achmad, G. N., & ZA, S. Z. (2018). Pengaruh efektifitas iklan televisi. Jurnal Manajemen Universitas Mulawarman, 9(2), 76. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i2.2477

Tjiptono, Fandy. (2016). PEMASARAN, Esensi & Aplikasi. ED. 1. Yogyakarta: ANDI

Wicaksono, A. (2018). Jurnal Manajemen Industri dan Logistik Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik | ISSN (Print) 2622-528X | ISSN (Online) 2598-5795 | Industrial, 1.

Downloads

Published

2021-11-01