Analisis Kelayakan Pengembangan Home Industry Kue Sari Cacalan Di Desa Tulikup Gianyar Bali
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v5i1.14549Keywords:
Studi Kelayakan Bisnis, Home Industri, Pengembangan industri, UMKMAbstract
Dalam analisis penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan home industry dari usaha Kue Sari cacalan dari aspek non-keuangan, dan aspek keuangan, dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dimana menganalisis aspek-aspek yang meliputi: aspek operasional, aspek SDM, aspek pasar dan pemasaran. Selain Aspek diatas juga akan dianalisis aspek keuangan yang meliputi Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Profitability Index (PI), Internal Rate of Return (IRR, untuk mengetahui layak atau tidak suatu usaha. Untuk strategi pengembangan menggunakan Matriks SWOT yang mereferensikan bahwa home industry kue Sari cacalan layak untuk dijalankan dari aspek non-finansial, dari segi hukum belum bisa dikatakan layak, karena belum memiliki legalitas surat izin usaha. Aspek keuangan usaha home industry kue Sari cacalan†ini dikatagorikan layak dijalankan karena sudah melibihi 3 tahun, dengan discount rate 12%. Dari Payback Period (PP) selama 3 tahun 16 hari, menghasilkan Net Present Value (NPV) sebesar Rp 23,343,276, Profitability Index (PI) 1,33, dan 26,29% dari Internal Rate of Return (IRR)
References
Ahmad, A. & Narbuko, C.(2007). Metodologi Penelitian : Bumi Aksara.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar : Jumlah UMKM Di Kecamatan Gianyar 2019. Diambil dari https://www.bps.gianyar.go.id diakses pada 10 Mei 2020.
Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali : Jumlah UMKM Provinsi Bali. diambil dari http://diskopukm.baliprov.go.id.diakses pada 29 april 2020.
Edy Suandi Hamid & Y. Sri Susilo. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1, Juni 2011, hlm.45-55
Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148.
Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.
Johan, Suwinto. (2011). Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis.Jogjakarta :Graha Ilmu.
Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.
Kasmir & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis, Edisi-2. Jakarta : Kencana Pranada Media Grup.
Kasmir & Jakfar. (2012). Tehnik dan Tahap Pengumpulan Data, Edisi Revisi.Jakarta : Kencana.
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Mujiningsih.M.I. (2013). Analisis Kelayakan Usaha Dan StrategiPengembangan Industri Kecil Tempe Di Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar, Semarang. http://lib.unnes.ac.id/18203/1/7450406513.pdf
Muliawan. J. U. (2008). Manajemen Home Industry: Peluang usaha ditengah krisis. Yogyakarta: Banyu Media.
Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213
Nuryati.N. (2012). Kelayakan dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tahu di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Diambil dari https://journal.ipb.ac.id.
Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Persektif Rancangan Penelitian. Jogyakarka : Ar-ruzzmedia.
Rangkuti. (2008). Analisis SWOT Membedah Kasus Bisnis (Tujuh Bela). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rudjito. (2003)P. Pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, Makalah yang disampaikan pada seminar perbankan dalam memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama RI dengan BRI.
Subbanar.(2009). Manajemen Usaha Kecil, Universitas Gajah Mada. Jogjakarta.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.
Sullyanto. (2010). Studi Kelayajkan Bisnis Pendekatan Praktis, Yogyakarta : ANDI.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Suryana. (2013). Kewirausahaan .Jakarta: Sulemba Empat.
Suryatama. E. (2014). Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Surabaya: Kata Pena.
Syarif, Kasman, Dewi, Ratna.F. (2011). Analisis Kelayakan Usaha Produk Aromatik Merek Flosh: Studi Kasus pada UKM Marun Aromaterapi. Bogor: Institut Pertanian Bogor. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/52429
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia (isu- isu penting), Jakarta : LP3ES.
Usman, Husein. (2007). Study Kelayakan Bisnis, Edisis 3. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Widodo, Styawan. (2012). Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMK).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.