Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Di Kalangan Mahasiswa UNSIKA

Authors

  • Renita Hayuningtrias Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Afni Rizqianti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Sudrajat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v5i3.18336

Keywords:

Lifestyle, Keputusan Pembelian, Smartphone Android

Abstract

Kultur masyarakat terus beralih sejalan teknologi yang semakin berkembang, begitupun dalam penggunaan smartphone. Keputusan pembelian ialah aktivitas individu yang terlibat langsung dalam pengambilan keputusan pembelian. Studi ini bertujuan guna mengetahui pengaruh lifestyle terhadap keputusan pembelian Hp Android di kalangan mahasiswa UNSIKA. Penelitian ini dilakukan di Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat dengan sampel sejumlah 100 responden. Metode analisis yang dipergunakan ialah regresi linier sederhana dengan besar signifikansi 5%. Hasil studi ini mengindikasikan bahwa Lifestyle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, bagi pelaku bisnis smartphone perlu mempertimbangkan gaya hidup saat ini agar meningkatkan keputusan pembelian android saat ini.

Author Biographies

Renita Hayuningtrias, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa S1 Manajemen-sekarang

Afni Rizqianti, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa S1 Manajemen-sekarang

Ajat Sudrajat, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen S1-Manajemen Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Arianto, N., & Muhammad, J. (2018). PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA HOTEL DHARMAWANGSA. Jurnal ILmiah SEMARAK, 1(1), 107–115.

Ashoer, M., Syahnur, H., & Murdifin, I. (2019). Bagaimana Gaya Hidup mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 52–65. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2493

Bakshi, S. (2012). Impact of gender on consumer purchase behavior. Academia.Edu, 1–5.

D, W., & Rodhiyah, R. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 5(4), 202–208.

de-Tekno.com. (2015). No Title. https://de-tekno.com/2015/03/jenis-jenis-sistem-operasi-hp-os-smartphone/

Edy, I. T., Mauladi, K. F., & Efendi, Y. (2020). Analisis Faktor Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Pada UD. Dewi Sri Elektronik Lamongan. Media Mahardhika, 19(1), 124–129.

Hidayatullah, G. F. F., & Zahara, Z. (2020). Peran Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Orangae Puncak Padanjese. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(1), 70–78. https://doi.org/10.22487/jimut.v6i1.173

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Oktaviana, A. P., & Budiadi, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Merek Samsung ( Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya ). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 4(1), 1–15.

Prastowo, G. A. (2018). Pengaruh implementasi promosi online terhadap keputusan pembelian pada PT. Mitra Pariwara Gramed Malang. Etheses UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Pusparisa, Y. (2021). No Title. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/01/daftar-negara-pengguna-smartphone-terbanyak-indonesia-urutan-berapa

Setiadi, N. J. (2019). E-Book; Edisi Revisi Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif , Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Kencana Prenada Media Group.

Sopiyan, P. (2020). Pengaruh Strategi Harga dan Visual Merchandising terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 193. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i2.2204

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1, 41–54.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

tekno.kompas.com. (2021). No Title. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta

Wijayanti, I., & Seminari, N. (2009). Handphone Blackberry. 639–653.

Wijayanti, I., & Seminari, N. (2013). PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY DENGAN MEREK SEBAGAI PEMODERASI. E-Jurnal Manajemen Unud, vol.2,no. 6,.

Downloads

Published

2022-07-01