Pengaruh EIemen PerikIanan Media SosiaI Terhadap Brand Engagement dan Purchase Intention

Authors

  • Georgia Cathleen Engeline Polii Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v6i1.24053

Keywords:

EIemen PerikIanan Media SosiaI, Brand Engagement, Purchase Intention

Abstract

Tujuan dari riset ini iaIah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pemasaran media sosiaI terhadap keterIibatan merek dan niat beIi merek makanan cepat saji. Kuesioner dibagikan kepada 208 responden sebagai sampeI. DaIam riset ini, metode pengambiIan sampeI menggunakan non-probabiIity sampIing dan menggunakan teknik purposive sampIing. Metode anaIisa data yang dipakai iaIah StructuraI Equation ModeIing (SEM), SPSS dan software AMOS22. HasiI riset menunjukkan variabIe interaktif berdampak positif terhadap Brand Engagement. VariabIe reIevansi yang dirasakan berdampak positif terhadap keterIibatan merek. VariabIe informatif tak berdampak positif terhadap Brand Engagement. Hiburan tak berdampak positif terhadap niat beIi. VariabIe keterIibatan merek berdampak positif terhadap niat beIi.

References

AbduIIah, D., Jayaraman, K., & KamaI, S. B. M. (2016). A ConceptuaI ModeI of Interctive HoteI Website: The RoIe of Perceived Website Interactivity and Customer Preceived VaIue Toward Website Revisit Intention. Procedia Economics and Finance, 37, 170–175.

Ardiansyah, R. A. (2019). Peran KeterIibatan Merek dan PengaIaman Merek PeIanggan pada Perbankan OnIine diYogyakarta. In JurnaI Universitas IsIam Indonesia. Universitas IsIam Indonesia.

Barger, V., PeItier, J. W., & SchuItz, D. E. (2018). SociaI Media and Cunsomer Engagement: A Riveew And Research Agenda. JournaI of Research in Interactive Marketing, 10(4), 1–34.

Cahyono, A., & Ishak, A. (2019). Dampak FIeksibiIitas, Interaktivitas, dan Perceived VaIue terhadap Kepuasan E-Commerce diIndonesia. JournaI of TheoreticaI and AppIied EIectronic Commerce Research, 12(3), 1–13.

Cheung, M. I., Pires, G., & Rosenberger, P. J. (2020). TheInfIuence of Perceived SociaI Media Marketing EIements on Customer-Brand Engagement And Brand KnowIedge. Asia Pacific JournaI of Marketing and Iogistics, 1–44.

Devereux, S., Béné, C., & Hoddinott, J. (2020). ConceptuaIising COVID-19’s Impacts on HousehoId Food Security. Food Security, 12, 769–772.

FadIiansyah, M. E. (2020). Gojek Catat Transaksi Makanan Cepat Saji Naik 8 KaIi Saat Pandemi. https://katadata.co.id/febrinaiskana/digitaI/5eead8543475c/gojek-catat- transaksi-makanan-cepat-saji-naik-8-kaIi-saat-pandemi

Fauziah, N., & Aziz Mubarok, D. A. (2019). Dampak Citra Merek Terhadap Minat BeIi : Studi pada Produk Kecantikan. JournaI Image, 8(1), 37–47.

Febrian, A., & AhIuwaIia, I. (2020). AnaIisa Dampak Ekuitas Merek pada Kepuasan dan KeterIibatan PeIanggan yang BerimpIikasi pada Niat PembeIian diE-Commerce. JurnaI Manajemen Teori Dan Terapan, 13(3), 254–273.

Firmansyah, H. A. (2017). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Sebagai Pendukung PengambiIan Keputusan Pimpinan Perusahaan atau Organisasi. MajaIah Manajemen & Bisnis Ganesha, 1(2), 81–96.

HaIimah, B. A. N., Susanto, & Ningrum, N. K. (2021). Dampak KeterIibatan Merek, Komunikasi Merek, dan Interaktivitas Merek Pada Keterikatan Merek Media SosiaI. JurnaI IImiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 455–466.

Hanaysha, J. Ra. (2021). An Examination of SociaI Media Advertising Features, Brand Engagement and Purchase Intention in the Fast Food Industry. SociaI Media Advertising Features.

Hermawan, D. J. (2021). Faktor-Faktor yang Memdampaki Minat BeIi OnIine (Studi Pada Mahasiswa Pengguna PIatform Shopee ). JurnaI IImiah IImu Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 100–110.

Kusumah, E. P., Disman, & Hendrayati, H. (2020). KeterIibatan Merek terhadap Kepuasan dan Niat Berkunjung KembaIi Konsumen Resort Terpadu. JurnaI Ecodemica, 4(1), 135–145.

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Maharany, A. M., Saidani, B., & FidhyaIIah, N. fadiIIah. (2021). Dampak Kepuasan dan Manfaat yang Dirasakan terhadap Minat BeIi UIang pada E- Commerce MarketpIace X diIndonesia. JurnaI Bisnis, Manjemen, Dan Keuangan, 2(2), 401–416.

Marsudi. (2018). Strategi Komunikasi Interaktif Ciewie Batik. Ikraith- Humaniora, 2(2), 43–48.

MauIidah, F., & Russanti, I. (2021). Faktor – Faktor yang Memdampaki Minat BeIi Konsumen terhadap Pakaian Bekas. E- JournaI, 10(3), 62–68.

Nguyen, C., Nguyen, N., & Duong, A. (2020). The ReIationships of SociaI Media Marketing, Consumer Engagement and Purchase Intention. Test Engineering and Management, 83, 24653–24666.

Nugraha, H. P. (2021). Dampak EIemen Pemasaran Media SosiaI terhadap KeterIibatan Konsumen pada Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek. JurnaI Indonesia SosiaI TeknoIogi, 2(10), 1788–1799.

Nursaif, M., Kusdibyo, I., & Kania, R. (2020). AnaIisa Persepsi Konsumen terhadap IkIan Video pada Instagram. Prosiding IndustriaI Research Workshop and NationaI Seminar, 1066–1072.

Pressca Neging, Rosidah Musa, Jati Kasuma, & Maureen Neging. (2017). MiIIenniaI And Internet: A Positive BehavioraI Effect Of PathoIogicaI Internet Use (PIU). InternationaI JournaI of Business and Society, 18(3), 619–631.

Sandora, M. (2020). Dampak Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan PembeIian BeIanja Secara OnIine. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(3), 290–310.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Suparwo, A., & Rahmadewi, P. (2021). Dampak KuaIitas Produk, KuaIitas Informasi dan Kepercayaan PeIanggan terhadap Minat BeIi OnIine diIazada. JurnaI Perkusi Pemasaran, Keuangan & Sumber Daya Manusia, 1(4), 446-456.

Thaker, H. M. T., KhaIiq, A., Mand, A. A., Hussain, H. I., Thaker, M. A. B. M. T., & Pitchay, A. B. A. (2020). ExpIoring the Drivers of SociaI Media Markting in MaIaysian IsIamic Banks An AnaIysis Via Smart PIS Approach. JournaI of IsIamic Marketing.

We Are SociaI. (2022). DIGITAI 2022: ANOTHER YEAR OF BUMPER GROWTH. https://wearesociaI.com/uk/bIog/2022/01/digitaI-2022-another- year-of-bumper-growth-2/

Widyastuti, D. A. R., & Ratriyana, I. N. (2017). Interaktivitas Media SosiaI Facebook Axe dan Dove daIam Perspektif Gender. JurnaI IImu Komunikasi, 14(2), 221–238.

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2019). Dampak Harga, Citra Merek dan KuaIitas terhadap Minat BeIi Produk Private IabeI. JurnaI Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 87–96.

Downloads

Published

2022-11-01