Penilaian Kinerja Tenaga Harian Lepas Dengan Key Performance Indicators Pada Terminal Cipocok Jaya Kota Serang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v6i1.24635

Keywords:

Critical to Quality, Critical to Process, Key Performance Indicator, Retribution

Abstract

Pencapaian retribusi dari Organisasi Perangkat Daerah yang dinaungi oleh Dinas Perhubungan salah satunya dari sektor terminal tidak mencapai target berakibat pemasukan terhadap Pendapatan Anggaran Daerah berkurang yang disebabkan oleh kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan juga mengevaluasi sekaligus memberikan solusi agar target retribusi terminal dapat tercapai. Alternatif untuk mengevaluasi kinerja pegawai adalah dengan Key Performance Indicators. Berdasarkan 5 kriteria penilaian meliputi penjualan karcis, jumlah angkutan masuk terminal, mematuhi perintah atasan, keberlangsungan kegiatan, dan keluhan pelanggan tertangani menghasilkan nilai 41,93. Menurut range penilaian, nilai tersebut dikategorikan rendah sehingga dilakukan analisa menggunakan tools yang terdapat pada seven tools. Hasil yang didapat disebabkan oleh SDM rendah, Kualitas terminal yang buruk, Koordinasi yang kurang baik, dan lain – lain, solusinya adalah membuat Critical  to Quality dan Critical to Process Tree agar dapat diidentifikasi keinginan customer internal dan eksternal dan menambah beberapa proses baru agar dapat meningkatkan semua sektor yang berkaitan dengan kinerja pegawai.

References

Daerah, P. A., Umum, A., Alokasi, D., Meningkatkan, U., Ekonomi, F., Sumat, M., Utara, E. R. A., & Dana, P. (2017). Related papers.

Dan, K. (2017). Implementasi Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perhubungan, Komunikasi Dan Informan.

Janosik, S. M. (2005). Pengertian Transportasi. NASPA Journal, 42(4), 1.

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Krisnaningsih, E., & Hadi, F. (2020). Strategi Mengurangi Produk Cacat pada Pengecatan Boiler Steel Structure dengan Metode Six Sigma di PT. Cigading Habeam Center. Jurnal InTent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 3(1), 11–24.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 15 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek. PERMEN Perhubungan Republik Indonesia, 13.

Muhammad, A. (2013). Analisis Six Sigma : Upaya Peningkatan Kinerja Layananzakat. 53–74.

Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicator Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. Second Edition. In 2201_chassis KPI.

Presiden Republik Indonesia. (2009). UU No.22 tahun 2009.pdf (p. 203).

Renaldi, I., Dyah Juniarti, A., & Sulistyo, A. B. (2018). Analisa Kualitas Cooling Water Pada Cooling Water System Di Butadiene Plant Pt Xyz Dengan Metode Six Sigma Dan Pdca. Jurnal InTent, 1(1), 45–57.

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56

Sukmana, A. (2020). Penilaian Kinerja Organisasi Menggunakan Metode Key Performance Indicators (Kpi) (Studi Kasus: Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Widyatama). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 6(2), 163–166. https://doi.org/10.33197/jitter.vol6.iss2.2020.331

Sunarsi, D. (2019). Seminar Sumber Daya Manusia. In Seminar sumber daya manusia (Issue 1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Widodo, A., & Soediantono, D. (2022). Benefits of the Six Sigma Method ( DMAIC ) and Implementation Suggestion in the Defense Industry : A Literature Review Manfaat Metode Six Sigma ( DMAIC ) dan Usulan Penerapan Pada Industri Pertahanan : A Literature Review. … Journal of Social and Management Studies, 3(3), 1–12.

Downloads

Published

2022-11-01