Penilaian Kinerja Tenaga Harian Lepas Dengan Key Performance Indicators Pada Terminal Cipocok Jaya Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v6i1.24635Keywords:
Critical to Quality, Critical to Process, Key Performance Indicator, RetributionAbstract
Pencapaian retribusi dari Organisasi Perangkat Daerah yang dinaungi oleh Dinas Perhubungan salah satunya dari sektor terminal tidak mencapai target berakibat pemasukan terhadap Pendapatan Anggaran Daerah berkurang yang disebabkan oleh kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan juga mengevaluasi sekaligus memberikan solusi agar target retribusi terminal dapat tercapai. Alternatif untuk mengevaluasi kinerja pegawai adalah dengan Key Performance Indicators. Berdasarkan 5 kriteria penilaian meliputi penjualan karcis, jumlah angkutan masuk terminal, mematuhi perintah atasan, keberlangsungan kegiatan, dan keluhan pelanggan tertangani menghasilkan nilai 41,93. Menurut range penilaian, nilai tersebut dikategorikan rendah sehingga dilakukan analisa menggunakan tools yang terdapat pada seven tools. Hasil yang didapat disebabkan oleh SDM rendah, Kualitas terminal yang buruk, Koordinasi yang kurang baik, dan lain – lain, solusinya adalah membuat Critical to Quality dan Critical to Process Tree agar dapat diidentifikasi keinginan customer internal dan eksternal dan menambah beberapa proses baru agar dapat meningkatkan semua sektor yang berkaitan dengan kinerja pegawai.
References
Daerah, P. A., Umum, A., Alokasi, D., Meningkatkan, U., Ekonomi, F., Sumat, M., Utara, E. R. A., & Dana, P. (2017). Related papers.
Dan, K. (2017). Implementasi Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perhubungan, Komunikasi Dan Informan.
Janosik, S. M. (2005). Pengertian Transportasi. NASPA Journal, 42(4), 1.
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Krisnaningsih, E., & Hadi, F. (2020). Strategi Mengurangi Produk Cacat pada Pengecatan Boiler Steel Structure dengan Metode Six Sigma di PT. Cigading Habeam Center. Jurnal InTent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 3(1), 11–24.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 15 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek. PERMEN Perhubungan Republik Indonesia, 13.
Muhammad, A. (2013). Analisis Six Sigma : Upaya Peningkatan Kinerja Layananzakat. 53–74.
Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicator Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. Second Edition. In 2201_chassis KPI.
Presiden Republik Indonesia. (2009). UU No.22 tahun 2009.pdf (p. 203).
Renaldi, I., Dyah Juniarti, A., & Sulistyo, A. B. (2018). Analisa Kualitas Cooling Water Pada Cooling Water System Di Butadiene Plant Pt Xyz Dengan Metode Six Sigma Dan Pdca. Jurnal InTent, 1(1), 45–57.
Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56
Sukmana, A. (2020). Penilaian Kinerja Organisasi Menggunakan Metode Key Performance Indicators (Kpi) (Studi Kasus: Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Widyatama). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 6(2), 163–166. https://doi.org/10.33197/jitter.vol6.iss2.2020.331
Sunarsi, D. (2019). Seminar Sumber Daya Manusia. In Seminar sumber daya manusia (Issue 1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Widodo, A., & Soediantono, D. (2022). Benefits of the Six Sigma Method ( DMAIC ) and Implementation Suggestion in the Defense Industry : A Literature Review Manfaat Metode Six Sigma ( DMAIC ) dan Usulan Penerapan Pada Industri Pertahanan : A Literature Review. … Journal of Social and Management Studies, 3(3), 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.