ANALISIS PERENCANAAN PENGEMBANGAN KELAS INTERNASIONAL TERKEMUKA PADA YAYASAN PENDIDIKAN BUDI LUHUR

Authors

  • Rob Sosiatri

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v1i3.2548

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merencanakan pengembangan kelas internasional terkemuka pada yayasan pendidikan Budi Luhur khususnya dan program kelas internasional di institusi atau lembaga pendidikan lain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchy Process) terdiri dari  3 bagian/variabel, kriteria, alternatif dan faktor yang bertujuan untuk mendapatkan informasi guna penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan tentang perencanaan pengembangan Kelas Internasional di Universitas Budi Luhur. Teknik pengambilan data melalui kuesioner yang disebar ke 6 experts/informan. Teknik analisis data dilakukan setelah data terkumpul dengan cara melakukan uji konsistensi. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : prioritas yang paling penting untuk mengembangkan kelas internasional atau  global reputation adalah networking,  dana dan metode pembelajaran; Prioritas yang paling penting untuk faktor  SDM adalah kompetensi profesional; kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial; faktor  sarana dan prasarana adalah air conditioner, liquid crystal display (LCD), dan papan tulis; faktor kurikulum adalah komponen strategi proses belajar mengajar (PBM), komponen evaluasi dan komponen isi/materi pembelajaran.

Downloads

Published

2018-07-01