Pengaruh Quality of Work Life terhadap Organizational Commitment pada Karyawan Traveloka di Jakarta.

Authors

  • Evi Robiana Universitas Trisakti
  • Netania Emilisa Universitas Trisakti
  • Retno Dwi Jayanti Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v6i2.26290

Keywords:

Kualitas Kehidupan Kerja, Kepuasan Hidup, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh
Quality of Work Life (QWL), Life Satisfaction, Job Satisfaction terhadap Organizational Commitment pada Karyawan Traveloka di Jakarta. Partisipan dalam penelitian ini, yang terdiri dari total sampel 180 pekerja layanan Jakarta. Dalam penelitian ini, non-probability sampling digunakan bersamaan dengan strategi purposive sampling, sedangkan dalam pengujian hipotesis dengan structural equation model (SEM) sebagai alat analisis. Berdasarkan “hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukan bahwa QWL berpengaruh positif terhadap Job Satisfaction, Life Satisfaction berpengaruh positif terhadap Job Satisfaction dan Job Satisfaction berpengaruh positif terhadap Organizational Commitment. Implikasi bagi manajer SDM Traveloka yaitu untuk memperhatikan QWL dan Life satisfaction pada karyawan dalam perusahaan baik secara eksternal maupun internal untuk dapat meningkatkan Job satisfaction dan Organizational Commitment terhadap karyawannya pada perusahaan.â€

 

References

Diana, Eliyana, A., Mukhtadi, & Anwar, A. (2022a). Creating the path for quality of work life: A study on nurse performance. Heliyon, 8(1). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08685

Goetz, N., & Wald, A. (2022). Similar but different? The influence of job satisfaction, organizational commitment and person-job fit on individual performance in the continuum between permanent and temporary organizations. International Journal of Project Management, 40(3), 251–261. https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2022.03.001

Han, H., Lee, K.-S., Kim, S. (Sam), Wong, A. K. F., & Moon, H. (2022a). What influences company attachment and job performance in the COVID-19 era: Airline versus hotel employees. Tourism Management Perspectives, 44, 101001. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2022.101001

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Rizal, A. (2021). THE EFFECT OF COMPETENCE AND QUALITY OF WORK LIFE ON ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) WITH ORGANIZATIONAL COMMITMENT MEDIATION (Study on Jaken and Jakenan Health Center Employees). INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS, 2(6), 69–88. https://www.ijosmas.org

Saputra, F., & Rizky Mahaputra, M. (2022). EFFECT OF JOB SATISFACTION, EMPLOYEE LOYALTY AND EMPLOYEE COMMITMENT ON LEADERSHIP STYLE (HUMAN RESOURCE LITERATURE STUDY). DIJMS, 3(4), 762–772. https://doi.org/10.31933/dijms.v3i4

Sholihin, M., Hardivizon, H., Wanto, D., & Saputra, H. (2022). The effect of religiosity on life satisfaction: A meta-analysis. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4). https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7172

Stephen P. Robbins, T. A. J. (2017). Organizational Behavior.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N. (2022). Liquidity and Asset Growth on Telecommunications Companies Value. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 5(3), 299-307.

Widyananda, A., Emilisa, N., & Pratana, R. (2014). Pengaruh Public Service Motivation Terhadap Job Satisfaction dan Organizational Citizenship Behavior pada Pegawai Badan Pusat Statistik Jurnal Ekonomi. E, 5, 13–14. www.transparansi.

Downloads

Published

2023-03-01