Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembeiian Pada Vidha Ponsel Medan

Authors

  • Andre Machtar Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan
  • Aswin Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v6i2.27553

Keywords:

Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi dan harga memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Vidha Ponsel Medan adalah salah satu perusahaan ritel yang bergerak dalam bidang usaha dagang yang khusus menjual smartphone. Sering sekali terjadi peningkatan dan penurunan keputusan pembelian yang diduga disebabkan oleh beberapa faktor seperti promosi dan harga. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah jumlah pelanggan yang datang ke Vidha Ponsel pada bulan agustus-november 2022. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan non probability sampling dengan jenis accidental sampling. Untuk menentukan angka sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan populasi sebanyak 3.732 orang yaitu dari total pembeli pada bulan agustus 2022–november 2022 dan tingkat kesalahan sebesar 10% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 orang. Hasil penelilitian ini menunjukkan bahwa secara parsial promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan harga juga tidak berpengaruh singnifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara simultan, promosi dan harga juga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Vidha Ponsel Medan.

References

Anggriani, N. L., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh promosi penjuaIan terhadap keputusan pembeIian produk handuk pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. YUME : Journal of Manajement, 3(1), 14–29.

Desrayudi. (2011). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Supermarket Robinson Di Kota Padang. UNIVERSITAS ANDALAS.

Hidayat, A. (2021). Studi Kelayakan Bisnis (A. Ariyanto (ed.); Pertama). CV Insan Cendekia Mandiri.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, P., Armstrong, G., & Saunders, J. (2014). Principles Of Marketing (Kelimabela). Pearson Prentice Hall.

Kotler Philip, & Armstrong, G. (2014). Principle Of Markeing (15th editi). Pearson Pretice Hall.

Ningsih, Sutomo, S., Santi, M., & Nuriya, I. (2020). Pengaruh Promosi Dan Lingkungan Toko Terhadap PembeIian Tidak Terencana (Impulse Buying) Pada Hypermart Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(3), 243–251. https://doi.org/10.22487/jimut.v6i3.206

Peter, J. P., & C.Olson, J. (2014). Perilaku Konsumen dan Stategi Pemasaran (9th ed.). Salemba Empat.

Pratama, S. E., & Sanjaya, V. F. (2021). Kehadiran Ritel Masa Kini dan Pengaruhnya Terhadap Sektor Usaha Konvensional di Bandar Lampung The Presence of Present day Retail and Its Effect on Conventional Business sectors in Bandar lampung. Jurnal Ekonomak, 7(3), 22–42.

Ranti, S. (2022). Daftar Harga HP Samsung Terbaru November 2022. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2022/11/19/19150087/daftar-harga-hp-samsung-terbaru-november-2022

Sarah, E. M., & Tumanggor, W. (2021). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan PembeIian Pada PT. Wahana Chemindo Jaya Medan Eva. Jayapangus Press, 1(3), 117–125.

Sugiyono. (2018). Metode PeneIitian Evaluasi. Alfabeta.

Supranto, J. (2016). Statistik Teori & Aplikasi (A. Maulana (ed.); 8th ed.). Erlangga.

Tarigan, V. B., & Nurhayati. (2022). Penerapan Anggaran PenjuaIan daIam Memperkirakan PenjuaIan. 3(3). https://doi.org/10.47065/jbe.v3i3.2394

UD (Usaha Dagang). (2017). Pinter Pandai. https://www.pinterpandai.com/pengertian-dan-contoh-tentang-usaha-dagang-ud/#:~:text=Usaha dagang adaIah kegiatan membeIi dan menjuaI kembali,memang tidak disyaratkan harus menjadi suatu Badan Hukum.

Widodo, S., Efendi, C., & Kusjono, G. (2021). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan PembeIian Kalkulator Merek Casio Pada Toko Citra Pasar Senen di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 3(1), 62. https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.62-69.9249

Downloads

Published

2023-03-01