Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembeiian Pada Vidha Ponsel Medan
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v6i2.27553Keywords:
Promosi, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi dan harga memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Vidha Ponsel Medan adalah salah satu perusahaan ritel yang bergerak dalam bidang usaha dagang yang khusus menjual smartphone. Sering sekali terjadi peningkatan dan penurunan keputusan pembelian yang diduga disebabkan oleh beberapa faktor seperti promosi dan harga. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah jumlah pelanggan yang datang ke Vidha Ponsel pada bulan agustus-november 2022. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan non probability sampling dengan jenis accidental sampling. Untuk menentukan angka sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan populasi sebanyak 3.732 orang yaitu dari total pembeli pada bulan agustus 2022–november 2022 dan tingkat kesalahan sebesar 10% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 orang. Hasil penelilitian ini menunjukkan bahwa secara parsial promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan harga juga tidak berpengaruh singnifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara simultan, promosi dan harga juga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Vidha Ponsel Medan.References
Anggriani, N. L., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh promosi penjuaIan terhadap keputusan pembeIian produk handuk pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. YUME : Journal of Manajement, 3(1), 14–29.
Desrayudi. (2011). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Supermarket Robinson Di Kota Padang. UNIVERSITAS ANDALAS.
Hidayat, A. (2021). Studi Kelayakan Bisnis (A. Ariyanto (ed.); Pertama). CV Insan Cendekia Mandiri.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. Pearson Education Limited.
Kotler, P., Armstrong, G., & Saunders, J. (2014). Principles Of Marketing (Kelimabela). Pearson Prentice Hall.
Kotler Philip, & Armstrong, G. (2014). Principle Of Markeing (15th editi). Pearson Pretice Hall.
Ningsih, Sutomo, S., Santi, M., & Nuriya, I. (2020). Pengaruh Promosi Dan Lingkungan Toko Terhadap PembeIian Tidak Terencana (Impulse Buying) Pada Hypermart Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(3), 243–251. https://doi.org/10.22487/jimut.v6i3.206
Peter, J. P., & C.Olson, J. (2014). Perilaku Konsumen dan Stategi Pemasaran (9th ed.). Salemba Empat.
Pratama, S. E., & Sanjaya, V. F. (2021). Kehadiran Ritel Masa Kini dan Pengaruhnya Terhadap Sektor Usaha Konvensional di Bandar Lampung The Presence of Present day Retail and Its Effect on Conventional Business sectors in Bandar lampung. Jurnal Ekonomak, 7(3), 22–42.
Ranti, S. (2022). Daftar Harga HP Samsung Terbaru November 2022. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2022/11/19/19150087/daftar-harga-hp-samsung-terbaru-november-2022
Sarah, E. M., & Tumanggor, W. (2021). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan PembeIian Pada PT. Wahana Chemindo Jaya Medan Eva. Jayapangus Press, 1(3), 117–125.
Sugiyono. (2018). Metode PeneIitian Evaluasi. Alfabeta.
Supranto, J. (2016). Statistik Teori & Aplikasi (A. Maulana (ed.); 8th ed.). Erlangga.
Tarigan, V. B., & Nurhayati. (2022). Penerapan Anggaran PenjuaIan daIam Memperkirakan PenjuaIan. 3(3). https://doi.org/10.47065/jbe.v3i3.2394
UD (Usaha Dagang). (2017). Pinter Pandai. https://www.pinterpandai.com/pengertian-dan-contoh-tentang-usaha-dagang-ud/#:~:text=Usaha dagang adaIah kegiatan membeIi dan menjuaI kembali,memang tidak disyaratkan harus menjadi suatu Badan Hukum.
Widodo, S., Efendi, C., & Kusjono, G. (2021). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan PembeIian Kalkulator Merek Casio Pada Toko Citra Pasar Senen di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 3(1), 62. https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.62-69.9249
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.