Pengaruh Trend Fashion dan Promosi Live Streaming TikTok Shop terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Nadia Aretha
  • Brilliant Fitra Ramadhan
  • Henri Yawan
  • Muhammad Vajri Mashudan
  • Syti Sarah Maesaroh

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v7i2.30470

Keywords:

buying decision, fashion product, live streaming promotion, TikTok Shop, trend fashion

Abstract

This research examines how much influence fashion trends and TikTok Shop live streaming promotions have on consumer purchasing decisions, especially for students in Indonesia, when buying fashion products. Quantitative methods were used by distributing questionnaires on social media, and 51 respondents were obtained. The results of the analysis of the data received are that fashion trends partially do not have a significant influence, while the TikTok Shop live streaming promotion has a substantial effect on the dependent variable. Meanwhile, according to the results of the data, it was found that the two independent variables simultaneously had a significant influence. Looking at fashion trends in Indonesia that continue to grow as well as increasingly diverse forms of promotion, this research can be a consideration for manufacturers when planning their product marketing strategy.

Penelitian ini mengkaji seberapa besar pengaruh trend fashion dan promosi live streaming TikTok Shop terhadap keputusan pembelian konsumen khususnya mahasiswa di Indonesia dalam membeli produk fashion. Digunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner di media sosial, dan diperoleh sebanyak 51 responden. Hasil analisis dari data yang diterima adalah trend fashion secara parsial tidak memiliki pengaruh yang cukup besar, sementara promosi live streaming TikTok Shop berpengaruh substansial terhadap variabel dependen. Adapun menurut hasil data, ditemukan bahwa kedua variabel independen secara simultan pun memiliki pengaruh yang signifikan. Melihat trend fashion di Indonesia yang terus berkembang, serta bentuk promosi yang semakin beragam, penelitian ini bisa menjadi suatu pertimbangan produsen ketika merencanakan strategi pemasaran produknya.

References

Amin, Ramadanti, D, E., & Fikriyah, K. (2023) Pengaruh Live Streaming Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Kasus Pelanggan TikTok Shop di Surabaya). Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(1), 1-8.

Ariyanto, F. (2020). Pengaruh trend fashion dan pengetahuan budaya terhadap keputusan pembelian batik di Kampung Batik Semarang. Skripsi: Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Chen, W., Chen, Y., & Liu, J. (2021). The impact of live streaming marketing on consumer behavior: Moderating effects of source credibility and product type. Internet Research, 31(5), 1314-1333.

Dewi, N. R. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga, dan merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk fashion. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 109-118.

Fitriana, A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk fashion (Studi kasus pada Cibaduyut Leather Center). Journal of Business Administration, 69(2), 33-40.

Hariyanti, D., & Hendy, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen fashion di Kota Malang. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 87-94.

Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.

Kim, A. J., Fiore, A. M., & Kim, Y. (2013). Fashion trends in online fashion communities: A social network analysis approach. Clothing and Textiles Research Journal, 31(4), 283-297.

Kim, H. K., & Kim, Y. (2020). The influence of fashion trends and advertising on the purchase intention of fashion products: Focusing on the differences in generational groups. Journal of Fashion Business, 24(3), 49-62.

Lipovetsky, G., & Roux, E. (2013). The Fashion System. Oxford: Berg Publishers.

Liputan6. (2021). Mulai Jualan di TikTok Shop, Ini Tips-Tips Penting untuk Sukses. Diakses dari https://www.liputan6.com

Moumtaza, F., Z. (2022) Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing Dan Brand Image Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Busana Muslim (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Indonesia). Skripsi: Yogyakarta: Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

Mukminatun, A., Ramdani, D. A., & Wibowo, H. P. (2021). Analisis pengaruh keterbatasan informasi terhadap keputusan pembelian produk fashion di Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 89(1), 27-34.

Nurjannah, N., Suharyanti, E., & Siswanto, H. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online shop pada mahasiswa Universitas Diponegoro. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(3), 32-41.

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian sepatu merek Customade (studi di merek dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1).

Prastiwi, A. N., & Wahyuni, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(4), 2236-2244.

Ramadhanty, R. (2021). Pengaruh Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kain Terhadap Proses Produksi Pada PT. Ratna Dewi Tunggal Abadi. Jurnal Manajemen Logistik, 1(1), 29-37.

Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. (2023). Pengaruh Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Livestream TikTok Shop). Amsir Management Journal, 3(2), 103-117.

Sekaran, U. (2006). Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat.

Sun, Y., Pan, X., & Wang, Q. (2021). The effect of live streaming promotion on consumers' purchase intention: The mediating role of perceived value and brand attitude. Journal of Retailing and Consumer Services, 59, 102368.

Yuningsih, S., & Haryanto, T. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk fashion online di Instagram. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 13(1), 27-35.

Downloads

Published

2024-01-03