PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT MAFATI INOVASI TECHNOLOGY PONDOK CABE – TANGERANG SELATAN

Authors

  • Wahyu Nurul Faroh Universitas Pamulang
  • Nurul Zahri Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v2i3.3395

Abstract

Tujuan peneliian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Fasilitas, Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan baik secara parsial maupun simultan (Studi Kasus pada PT Mafati Inovasi Technology Pondok Cabe)

Teknik analisi yang digunakan adalah uji instrumen, uji korelasi ganda, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan  5% menggunakan program SPSS for Windows Version 22.

Berdasarkan hasil penelitian ini yang pertama: menunjukan bahwa variabel  Fasilitas dan Pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, Berdasarkan hasil uji simultan (uji F) sebesar 14,617 > Ftabel (3,103) membuktikan bahwa variabel  Fasilitas dan Iklan secara bersama-sama memilikik pengaruh posistif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

References

Agus Sulastiyono. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel: Manajemen Hotel. Bandung: Alfabeta.

Bilson, Simamora. 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisi Multivariet Dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Greenberg, P. 2010. Costumer Relationship Management at The Speed Of Light: Fourth Edition, McGraw-Hill.

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Handi Irawan, 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Cetakan Ketujuh, Jakarta : Elex Media Komputindo.

Hasibuan, Malayu S.P 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen. Cetakan Duapuluh, Yogyakarta : Penerbit BPEE.

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14. Global Edition. Person Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran jilid 2.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14. New Jersey : Person Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Nawawi, Ismail. 2009. Public Policy, Analisis, Strategi Advokasi Teori dan Praktek. Surabaya: PMN.

Sfroni, Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya : Aditya Media Publishing.

Salam, Darma Setyawan. 2007. Manajemen Pemerintahan Indonesia. Jakarta : Djambatan.

Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : CAPS

Sugiyono. 2010. Metode Kuantitatif Kualitatif dan RAD : Penerbit CV Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Data Kuantitatif. Data kuantitatif adalah metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat positivisme. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta : Gramedia Cawang.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa, Banyumedia, Malang.

Wiliam J, & Stanton. 2009. Prinsip Pemasaran. Jilid I. Jakarta. Erlangga.

Downloads

Published

2019-07-01