PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN KOMITMEN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBUBUR
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v2i2.3408Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sebeerapa besar pengaruh motivasi, disiplin dan komitmen terhadap kinerja sumberdaya manusia di sekolah Al azhar Syifa Budi cibubur Cileungsi. Jenis`penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan statistik. Penulis menjadikan guru-guru Al-Azhar Syifa Budi Cibubur Cileungsi sebagai responden. Adapun jumlah sampel diperoleh dari perhtungan Rio Purba sebanyak 100 responden analisis data menggunakan SPSS Versi 17. Teknik uji sampling menggunakan sensus dan teknik pengambilan data diantaranya uji validitas dan releabilitas, uji klasik dan uji regresi linier berganda serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan hasil yang signifikan yaitu terdapat pengaruh yang sangat kuat antara Motivasi terhadap Kinerja Sumberdaya manusia sebesar 38, 69 % , terdapat pengaruh yang sangat kuat antara disiplin dengan kinerja sumber daya manusia sebesar 29, 92 % dan terdapat pengaruh yang sangat kuat antara komitmen terhadap kinerja sumberdaya manusia sebesar 57, 20%.
References
Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta : Bulan Bintang, 1979
Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996
Abdul Ghofir, Slamet AS. Yusuf, Zuhairini, Metodik khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 1990
Departemen Pendidikan Nasiaonal, Penatalaksanaan Psikologi Program Akselerasi, Jakarta: Direktorat PSLB, 2007
Departemen Pendidikan Nasiaonal, Pedoman penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik berkecerdasan istimewa, Jakarta: Direktorat PSLB, 2007
Departemen Pendidikan Nasiaonal, Belajar dan berkarya suatu tinjauan psikologi untuk pengelolaan program akselerasi, Jakarta: Direktorat PSLB dikdas dan dikmenti, 2007
Departemen Pendidikan Nasiaonal, Pengembangan bakat non akademik, Jakarta: Direktorat PSLB dikdas dan dikmenti, 2007
Departemen Pendidikan Nasional, Pengembangan Pembelajaran, Jakarta: Direktoratat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat PSLB, 2008
Departemen Pendidikan Nasional, Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Direktoratat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat PSLB, 2008
Departemen Pendidikan Nasional, Koordinasi Sekolah dengan Instansi terkait dalam peningkatan Imtaq siswa SMP, Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdas dan Dikmenti Kegiatan pemninaan Agama dan akhlaq Mulia, 2007
Departemen Pendidikan Nasional, Peningkatan IMTAQ siswa melalui Kegiatan Ekstra kurikuler SMP , Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdas dan Dikmenti Kegiatan pemninaan Agama dan akhlaq Mulia, 2007
Departemen Pendidikan Nasional, Penciptaan suasana kondusif bagi upaya peningkatan IMTAQ siswa SMP , Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdas dan Dikmenti Kegiatan pemninaan Agama dan akhlaq Mulia, 2007
M Rauf, keputusan-keputusan Mentri Pendidkan dan kebudayaan , Jakarta : Yayasan Panca Wira Bhakti, 1993
M auf, Sistem Pendidikan Nasional , Jakarta : Yayasan Panca Wira Bhakti, 1993
Ratna Sajekti Rusli, Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan, Jakarta: Depdikbud Dikmenti, 1988
Maftuchah Yusuf, Program Pendidikan dan Kebudayaan dalam Pembangunan Nasional, Jakarta: Pasca Sarjana IKIP , 1985
Mochtar Buchori, Pendidikan Dalam Pembangunan, Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press
Jophn Vaijey, Pendidikan di dunia Modern, Jakarta: Gunung Agung, 1987
Suparman, Model Kurikulum tingkat satuan Pendidikan Solo: Tiga serangkai,
Sambas Ali Muhidin, Drs. Maman Abdurahman, M.Pd. Analisis Korelasi, Regresi, dan jalur dalam Penelitian, Bandung; Pustaka Setia, 2007
Yunita Faelanisa, M.Psi, Dra Nety Hartati, M,Si, Pembinaan Siswa Cerdas Istimewa berbakat Istimewa bagi orangtua, Guru dan Siswa, Fakultas Psikologi Universitas Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2008
Sutrisno, Hubungan Antara Minat terhadap Pendidikan Kewarganegaraan dan IQ dengan hasil Belajar Pendidikan Kewargaegaraan siswa akselerasi SMP DKI Jakarta, Jakarta, UNJ, 2007
Suharsimi Arikunto, 1999, prosedur penelitian Suantu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.