Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Rosa Lesmana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v3i1.3536

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing dan daya saing PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk memenangkan persaingan saat ini dan mendatang. Penelitian studi kasus dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pihak PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang maupun kepada konsumen. SWOT digunakan dalam analisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pentingnya peningkatan skill, smart SDM seluruh karyawan PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang, pemberian kompensasi, sarana dan prasarana yang layak mengakibatkan meningkatnya loyalitas karyawan dan loyalitas konsumen. Berdasarkan matrik Space, PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang ada pada posisi kuadran I dengan kriteria agresif dan strategi yang dijalankan ditekankan pada penggunaan strategi kekuatan-peluang (strength-opportunities). Penggunaan strategi Strength–opportunites secara bersamaan akan meminimalisir kelemahan dan ancaman yang dihadapi PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang. Sehingga PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang tetap akan menunjukkan keunggulan kompetitifnya.

References

Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Asubonteng , dkk, 1996, Servqual Reviseted : A Critical Review Of Service Quality. Journal Of Service Marketing, Vol 10

Buchari, Alma, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Bandung : Alfabeta

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat

Denzin dan Lincoln, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, Penerbit Rosda

Dharmesta, Basu Swastha, 2002, Azas-azas Marketing, Yogyakarta : Liberty

_____ , 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Yogyakarta : Liberty

Djam’an Satori dan Aan Komariah, 2009, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta,

Etta Mamang Sangadji & Sopiah., 2013, Perilaku Konsumen, Yogjakarta : Penerbit Andi Offset.

Freddy Rangkuti, 2006, Riset Pemasaran, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

_______. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

_______, 2008, Analisis SWOT Teknis Membelah Kasus Bisnis, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Hadari, Nawawi. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

_______ dan Martini, 2006, Instrumen Penelitian Bidang Sosial., Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hanan, Mack & Karp, Peter, 1991, Customer Satisfaction: How to Maximize, Measureand Market your company’s UltimateProduct. New York: American Management Association

Hasan, M. Iqbal, 2000, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor : Ghalia

Husein Umar, 2010, Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, cetakan kelima, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Irawan Handi, 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

J.R. Raco, 2010, Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristil dan Keunggulan, Jakarta : Grasindo

Jay Heizer & Barry Render, 2009, Operations Management, Jakarta : Salemba Empat

Jhon A. Pearce & Richard B. Robinson, 2014, Manajemen Strategi Buku1 Edisi 12, Jakarta : Salemba Empat

Jhon M. Bryson, 1999, Perencanaan Strategi, Jakarta : Pustaka Pelajar

Juanim, 2004, Analisis Jalur dalam Riset Pemasaran, Bandung : Universitas Pasundan

Juran, J.M.1989.Juran on Leadership for Quality, The Free Press, MacMillan,Inc. E. Nugroho (penterjemah).1998. Kepemimpinan Mutu , Pustaka Binaman ressindo, Jakarta.

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian Edisi kedelapan,terjemahan Arcella Ariwati Hermawan. Jakarta : Salemba Empat

_____, 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas,Jilid 1,Alih Bahasa Benyamin Molan, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

_____. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium Dua. Jakarta: PT.Indeks Kelompok Gramedia

Kotler,Philip dan Keller,Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga belas Jilid 1, Jakarta : Penerbit Erlangga.

________. 2012. Marketing Management. Fourteenth Global Edition. Pearson Education .

Kotler dan Armstrong, 1999, Principle Of Marketing 8 th Edition, New Jersey : Prentice Hall

__________, (terjemahan Alexander Sindoro), 2001, Dasar – dasar Pemasaran, Jakarta : Prenhallindo

Kotler dan Armstrong, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh dkk, Edisi Milenium, Jakarta : PT Prenhallindo

Kotler dan Armstrong, 2000, Manajemen Pemasaran Indonesia, Alih Bahasa oleh Ancella Anitawati dan Hermawan, Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat

Lamb, Charles. W., Jr., Joseph F. Hair Jr., dan Carl McDaniel, 2006, Pemasaran, Alih Bahasa oleh Octarevia, Edisi Kelima, Jakarta : Salemba Empat

Lovelock, Christopher, 1998. Service Marketing and Management. New Jersey:Prentice Hall.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat.

Michael E. Porter, 2007, Strategi Bersaing (Competitive Stategy) oleh Hendry, Tangerang : Kharisma Publishing Group

Moleong, Lexy J, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Parasuraman Zeitmal. 1988, Service Quality : A Conceptual Framework For Understanding e-implication for Future Researchand Managerial Practice : Msi Monograph New York.

Peter F. Drucker. 1979, Manajemen : Tugas, Tanggung Jawab, Praktek Buku 1 oleh Sitor Situmorang dkk, Jakarta : Gramedia

Poerwandari, E. Kristi. 1998. Metode Penelitian Sosial, Jakarta : Universitas Terbuka

Pranoto, I.S., 2012, Prinsip Desain Pengolahan Air Limbah Sistem Anaerob , Yogjakarta : PT.Biosan Mandiri

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

_______, 2004, Metode Dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung : CV. Alfabeta

Ratminto dan Atik Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan, Yogjakarta : Penerbit Pustaka Belajar,

Riduwan, 2014. Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung : Penerbit Alfabeta

Rhenald Kasali, 2011, Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting & Positioning, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Ricky W. Griffin, 2002, Manajemen Jilid 1 alih bahasa Gina Gania, Jakarta : Erlangga

Saladin, Djaslim, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya

_______, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya

Simamora, Bilson, 2003, Riset Pemasaran, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono,2004, Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabetha

_______. 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.

________. 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Yang Efektif dan Profitable, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-11-17