Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v3i1.3536Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing dan daya saing PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk memenangkan persaingan saat ini dan mendatang. Penelitian studi kasus dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pihak PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang maupun kepada konsumen. SWOT digunakan dalam analisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya peningkatan skill, smart SDM seluruh karyawan PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang, pemberian kompensasi, sarana dan prasarana yang layak mengakibatkan meningkatnya loyalitas karyawan dan loyalitas konsumen. Berdasarkan matrik Space, PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang ada pada posisi kuadran I dengan kriteria agresif dan strategi yang dijalankan ditekankan pada penggunaan strategi kekuatan-peluang (strength-opportunities). Penggunaan strategi Strength–opportunites secara bersamaan akan meminimalisir kelemahan dan ancaman yang dihadapi PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang. Sehingga PT. Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang tetap akan menunjukkan keunggulan kompetitifnya.
References
Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Asubonteng , dkk, 1996, Servqual Reviseted : A Critical Review Of Service Quality. Journal Of Service Marketing, Vol 10
Buchari, Alma, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Bandung : Alfabeta
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat
Denzin dan Lincoln, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, Penerbit Rosda
Dharmesta, Basu Swastha, 2002, Azas-azas Marketing, Yogyakarta : Liberty
_____ , 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Yogyakarta : Liberty
Djam’an Satori dan Aan Komariah, 2009, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta,
Etta Mamang Sangadji & Sopiah., 2013, Perilaku Konsumen, Yogjakarta : Penerbit Andi Offset.
Freddy Rangkuti, 2006, Riset Pemasaran, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
_______. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
_______, 2008, Analisis SWOT Teknis Membelah Kasus Bisnis, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Hadari, Nawawi. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
_______ dan Martini, 2006, Instrumen Penelitian Bidang Sosial., Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hanan, Mack & Karp, Peter, 1991, Customer Satisfaction: How to Maximize, Measureand Market your company’s UltimateProduct. New York: American Management Association
Hasan, M. Iqbal, 2000, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor : Ghalia
Husein Umar, 2010, Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, cetakan kelima, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Irawan Handi, 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
J.R. Raco, 2010, Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristil dan Keunggulan, Jakarta : Grasindo
Jay Heizer & Barry Render, 2009, Operations Management, Jakarta : Salemba Empat
Jhon A. Pearce & Richard B. Robinson, 2014, Manajemen Strategi Buku1 Edisi 12, Jakarta : Salemba Empat
Jhon M. Bryson, 1999, Perencanaan Strategi, Jakarta : Pustaka Pelajar
Juanim, 2004, Analisis Jalur dalam Riset Pemasaran, Bandung : Universitas Pasundan
Juran, J.M.1989.Juran on Leadership for Quality, The Free Press, MacMillan,Inc. E. Nugroho (penterjemah).1998. Kepemimpinan Mutu , Pustaka Binaman ressindo, Jakarta.
Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian Edisi kedelapan,terjemahan Arcella Ariwati Hermawan. Jakarta : Salemba Empat
_____, 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas,Jilid 1,Alih Bahasa Benyamin Molan, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
_____. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium Dua. Jakarta: PT.Indeks Kelompok Gramedia
Kotler,Philip dan Keller,Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga belas Jilid 1, Jakarta : Penerbit Erlangga.
________. 2012. Marketing Management. Fourteenth Global Edition. Pearson Education .
Kotler dan Armstrong, 1999, Principle Of Marketing 8 th Edition, New Jersey : Prentice Hall
__________, (terjemahan Alexander Sindoro), 2001, Dasar – dasar Pemasaran, Jakarta : Prenhallindo
Kotler dan Armstrong, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh dkk, Edisi Milenium, Jakarta : PT Prenhallindo
Kotler dan Armstrong, 2000, Manajemen Pemasaran Indonesia, Alih Bahasa oleh Ancella Anitawati dan Hermawan, Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat
Lamb, Charles. W., Jr., Joseph F. Hair Jr., dan Carl McDaniel, 2006, Pemasaran, Alih Bahasa oleh Octarevia, Edisi Kelima, Jakarta : Salemba Empat
Lovelock, Christopher, 1998. Service Marketing and Management. New Jersey:Prentice Hall.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat.
Michael E. Porter, 2007, Strategi Bersaing (Competitive Stategy) oleh Hendry, Tangerang : Kharisma Publishing Group
Moleong, Lexy J, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Parasuraman Zeitmal. 1988, Service Quality : A Conceptual Framework For Understanding e-implication for Future Researchand Managerial Practice : Msi Monograph New York.
Peter F. Drucker. 1979, Manajemen : Tugas, Tanggung Jawab, Praktek Buku 1 oleh Sitor Situmorang dkk, Jakarta : Gramedia
Poerwandari, E. Kristi. 1998. Metode Penelitian Sosial, Jakarta : Universitas Terbuka
Pranoto, I.S., 2012, Prinsip Desain Pengolahan Air Limbah Sistem Anaerob , Yogjakarta : PT.Biosan Mandiri
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
_______, 2004, Metode Dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung : CV. Alfabeta
Ratminto dan Atik Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan, Yogjakarta : Penerbit Pustaka Belajar,
Riduwan, 2014. Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung : Penerbit Alfabeta
Rhenald Kasali, 2011, Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting & Positioning, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Ricky W. Griffin, 2002, Manajemen Jilid 1 alih bahasa Gina Gania, Jakarta : Erlangga
Saladin, Djaslim, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya
_______, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya
Simamora, Bilson, 2003, Riset Pemasaran, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono,2004, Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabetha
_______. 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.
________. 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Yang Efektif dan Profitable, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.