Leadership sebagai Dasar Kecerdasan Intelektual Mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Pamulang

Authors

  • Syarifah Ida Farida Universitas Pamulang
  • Oki Iqbal Khair Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v3i1.3566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Leadership sebagai Dasar Kecerdasan Intelektual pada Mahasiswa Jurusan Manajemen di Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di lingkungan UNPAM. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, kuesioner, wawancara terbuka, dan literatur. Hasil penelitian diketahui kurangnya minat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan kokurikuler dan ekstrakulikuler yang ada di lingkungan UNPAM. Data yang diperoleh peneliti melalui wawancara kepada responden bahwa kebanyakan mahasiswa hanya fokus kepada pendidikan saja yaitu pembelajaran di kelas dan sedikit sekali minat yang mengikuti kegiatan di luar kelas dan masih kurangnya kepemimpinan dan kecerdasan intelektual. Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan mengenai kepemimpinan yang unggul yaitu vision, value, courage, competence (kompetensi), strong dan nature character yang didukung dengan tiga kecakapan yaitu knowledge, skill, dan spiritual.  Dengan adanya leadership dalam diri setiap manusia maka akan meningkatkan kecerdasan intelektual manusia itu sendiri.

References

Amram, J. Y. (2009). The Contribution of Emotional and Spiritual Intelligences to Effective Business Leadership. California: Dissertation of Psychology of Institute of Transpersonal Psychology.

Bachrun, S. (2014). Buku Induk Manajemen SDM-Human Capital Syariah. Bekasi: LAZIS Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia.

Badaruzaman, B. (2014). Brain Genetic Potential. Bandung: Mizania.

Bateman, T. S., & Scott A. Snell. (2014). Manajemen Kepemimpinan dan Kerja Sama dalam Dunia yang Kompetitif. Jakarta: Salemba Empat.

Choiriah, A. ( 2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual,Kecerdasan Spiritual, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Auditor dalam Kantor Akuntan Publik. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Crow, L. D. (1984). Educational Psychology, terj. Z. Kasijan Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.

Dwijayanti. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran".

Dwijayanti, A. P. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran".

Goleman, D. (1998). Emotional Intelegence, terj. T. Hermaya, Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia.

Hersugondo, E. S. (2008). Kepemimpinan yang Efektif dan Perubahan Organisasi. Fokus Ekonomi, 85.

Isabela. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Intelektual terhadap Kinerja Auditor dalam Kantor Akuntan Publik. Semarang: Universitas Khatolik Soegijapranata Semarang.

Manulang, B. (1999). Kecerdasan Emosional Aplikasi dalam Pembelajaran, dan Kayu Duha, Kecerdasan Emosional: Aplikasi dalam Pendidikan. Kecerdasan Emosional dan Aplikasinya di Dalam Pembelajaran, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Medan. Medan: IKIP Medan.

Matondang. (2008). Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Manajemen Strategik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moleoang, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdaharya.

Nielsen, D. R. (1982). Educational Psychology The Development of Teaching Skills. New York: Harper 7 Row.

Rivale, W. (2011). Faktor Intelektual yang Menentukan Kepribadian. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, Vol. 2, No. 1, April, 62-73.

Sagala, S. (2018). Pendekatan & Model Kepemimpinan . Jakarta: Prenadamedia Group.

Solihin, I. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up.

Thoha, M. (2017). Kepemimpinan dalam Manajemen. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

tribunnews.com. (2019, Oktober 14). tribunnews.com. Retrieved Oktober 14, 2019, from https://rumah-baca2.blogspot.com/2019/10/rumah-sakit-jiwa-di-jawa-barat-mulai.html?m=1

Downloads

Published

2019-11-17